Antisipasi Banjir, Wargamakmur Jaya Bangun Gorong-gorong

Tanggal 04 Jul 2023 - Laporan Abdul Rohman. - 294 Views
Kepala Kampung Wargamakmur Jaya Dewi Kustianti saat meninjau pembangunan gorong-gorong di kampungnya.

MOMENTUM, Banjaragung--Pemerintah Kampung (Pemkam) Wargamakmur Jaya, Kecamatan Banjaragung, Kabupaten Tulangbawang membangun gorong-gorong di sejumlah tempat yang selama ini menjadi genangan air saat hujan. Sekaligus untuk mengantisipasi banjir.

Gorong-gorong yang dibangun terletak di RT 004 / RK 003, dengan dimensi 0,6 X 0,6 X 6 M. Biaya yang digunakan berasal dari dana desa (DD) tahun 2023 senilai hampir sepuluh juta atau Rp9,977 juta.

Kepala Kampung Wargamakmur Jaya Dewi Kustianti, menjelaskan, pembangunan gorong-gorong untuk menghindarkan permukiman warga tergenang air saat hujan turun dengan intensitas tinggi.

"Kita kebut pembangunan gorong-gorong di titik  RT 004 / RK 003 Kampung Warga Makmur Jaya," jelas  Dewi Kustianti, Senin, 04 Juni 2023.

Pembangunan gorong-gorong ini diperkirakan menghabiskan biaya Rp9,977 juta.  

"Tahun ini sebesar 40 persen dari dana desa harus digunakan untuk bantuan langsung tunai (BLT) DD. Jadi sisanya untuk pemangunan dan program ketahanan pangan," kata  Dewi Kustianti.

Selain gorong-gorong, pembenahan infrastruktur juga dibutuhkan untuk sejumlah jalan di desa tersebut. Akan tetapi, kata dia, lantaran keterbatasan dana, perbaikan beberapa akses jalan dilakukan secara swadaya ada juga bantuan dari Aspirasi DPRD Provinsi dari partai Golkar.

"Sebisa mungkin akan kita lakukan yang terbaik bagi pembangunan kampung, yang penting semua elemen masyarakat tetap solid satu tujuan untuk pembangunan dan kemajuan kampung," harap  Dewi Kustianti.

Sementara itu salah satu warga, Sutris mengaku sangat mengapresiasi langkah Kampung Warga Makmur Jaya yang tetap melakukan pembangunan di tengah anggaran yang serba terbatas.

"Mereka langsung bergerak bangun gorong-gorong. Akses jalan juga bagus meski ditopang secara swadaya," kata dia.(**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com