Kabag PBJ Metro Sebut Penurunan Nilai Tender Sesuai Evaluasi

Tanggal 10 Jul 2023 - Laporan Opie/Rio - 372 Views
Kondisi Jalan Doktor Sutomo Kota Metro

MOMENTUM, Metro--Penurunan harga penawaran atau tender lelang proyek perbaikan Jalan Dr Sutomo Kota Metro sudah sesuai hasil evaluasi. 

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Kota Metro Sri Mulyani mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melakukan evaluasi kualifikasi, teknis dan evaluasi harga atas penawaran pemenang tender tersebut. 

"Soal penurunan anggaran itu sudah ada evaluasi kewajaran harga. Jadi, ketika masuk ke tahap evaluasi, kami langsung melakukan perhitungan secara teknis dan kualifikasi. Jadi penawaran itu telah memenuhi syarat," kata Sri Mulyani, Senin (10-7-2023).

Dia memastikan penawaran tersebut sudah sesuai analias teknis, meskipun terjadi penurunan yang signifikan dari pagu anggaran sebelumnya. 

"Analisa tersebut yang disiapkan oleh Kementerian PU khusus untuk jalan dan bangunan gedung. Kalau untuk konsultan itu sesuai dengan induknya. Itu kan kita sudah mengantisipasi oleh analisa tersebut. Jadi analisa itu sudah mempersiapkan, mana yang harus diturunkan mana yang tidak. Itu sudah diperhitungkan semua," papranya.

Dia juga menyebut, penentuan pemenang tender, sudah sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.  

"Itu sudah melalui perencanaan teknis di OPD (organisasi perangkat daerah). Artinya perencanaan teknis itu yang sudah menghitung seberapa jauh untuk pekerjaan, dan bagaimana untung ruginya," terangnya.

Baca juga: Warga Minta Perbaikan Jalan Tidak Dikorupsi

"Kami juga di sini pun melakukan evaluasi kewajaran harga. Evaluasi kewajaran harga itu yang akan memperlihatkan bahwa dia mengalami defiasi atau tidaknya dalam pekerjaan tersebut," tambahnya. 

Diketahui, pemenang lelang proyek perbaikan Jalan Dokter Sutomo adalah CV Insan Sukses Mandiri. Perusahaan rekanan tersebut mengajukan harga penawaran Rp5,1 miliar dari pagu yang semula Rp7,4 miliar. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Cegah DBD, Polres Tubaba Fogging di Lingkunga ...

MOMENTUM, Panaragan--Polres Tulangbawang Barat (Tubaba) mengerahk ...


Tubaba Bimtek Smart Village ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat ...


Polres Pringsewu Bantu Cegah DBD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Upaya pencegahan dan penanggulanan penyakit ...


Warga Podomoro Berharap Revitalisasi Bendunga ...

MOMENTUM, Pringsewu--Para petani di Pekon Podomoro, Kecamatan Pri ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com