Pemkab Waykanan Komitmen Tingkatkan Fungsi Pengawasan

Tanggal 12 Jul 2023 - Laporan Novita Sari - 263 Views
Jajaran Pemkab Waykanan rapat dengan Inspektorat Provinsi Lampung membahas evalusi penerapan regulasi dan sistem pengawasan pemerintahan daerah

MOMENTUM, Blambanganumpu--Pemkab Waykanan komitmen terus melakukan upaya penyempurnaan dan peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah berbagai aspek. Karena itu, perlu dilakukan evaluasi penerapan regulasi dan sistem pengawasan terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Waykanan Saipul dalam Rapat Pendahuluan Pengawasan Inspektorat Provinsi Lampung Atas Penyelenggaraan Pemerintahan di kabupaten setempat. Rapat berlangsung di Ruang Buay Pemuka Pengiran Tuha, Kantor Pemkab Waykanan, Selasa (11-7-2023).

"Pengawasan merupakan salah satu kunci penyempurnaan dan peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dapat menjadi tolok ukur berhasil atau tidaknya pelaksanaan urusan pemerintahan di didaerah," kata Saipul mewakili Bupati Waykanan Raden Adipati Surya.

Menurut dia, saat ini paradigma dan perspektif pengawasan sudah sangat jauh berbeda. Demikian juga aturan-aturan yang mendasari dalam pengawasan pun juga sudah banyak berubah.

"Dulu lini pengawasan tidak terlalu diarahkan pada saat program kegiatan masih berjalan, melainkan setelah selesainya kegiatan, sehingga dirasa kurang efektif dalam mengantisipasi terjadinya kesalahan maupun kekeliruan,” ungkapnya.

Karena itu, lanjut dia, perlu terus dilakukan evaluasi terhadap penerapan regulasi dan sistem pengawasan di lingkup pemerintahan daerah.

"Kedepan aparat pengawas internal lebih diperankan pada saat lini perencanaan dan saat pelaksanaan, melalui reviu-reviu dokumen perencanaan dan penganggaran maupun probity audit, sehingga peran APIP sebagai entry warning system dapat benar-benar berjalan," terangnya.

Saipul berharap, melalui rapat tersebut Inspektorat Provinsi Lampung dapat memberikan nilai tambah dan kontribusi untuk peningkatan kinerja dan perbaikan tata kelola pemerintahan di Kabupaten Waykanan.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan beberapa capaian kinerja Pemkab Waykanan yang berkaitan dengan pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, antara lain: Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas LKPD Kabupaten Waykanan Tahun 2022 dengan  predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kemudian, monitoring centre for prevention (MCP) KPK Tahun 2022 yang mencapai 87% dengan posisi hijau. Sedangkan untuk tahun 2023 masih dalam proses dan saat ini diangka 14%.  Selanjutnya, survei penilaian integritas tahun 2022 yang mencapai 75,53 poin, atau di atas rata-rata nasional yang hanya 71,94 poin.(**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com