Mesuji Segera Salurkan BLT DD Triwulan Tiga

Tanggal 01 Agu 2023 - Laporan Arifin - 300 Views
ilustrasi

MOMENTUM, Mesuji--Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) triwulan ketiga untuk masyarakat tidak mampu di 105 desa se-Kabupaten Mesuji segera cair.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji menyebut, jumlah penermia BLT DD di kabupaten setempat pada tahun 2023 mencapai 2.548 keluarga penerima manfaat (KPM).

"Kami telah berkoordinasi dengan bersurat secara berjenjang melalui kecamatan dan seluruh desa sebulan yang lalu untuk melakukan percepatan pengajuan BLT DD triwulan tiga. Mudah-mudahan bisa segera disalurkan bulan Agustus ini," kata  Kepala Bidang Keuangan,Pembangunan dan Aset Desa pada DPMD Kabupaten Mesuji Erliana Sari Pohan, Selasa (1-8-2023).

Dia menyebut, total BLT DD tahun 2023 dari Kementerian Keuangan untuk Kabupaten Mesuji mencapai Rp 9 miliar yang disalurkan dalam tiga triwulan.

" Bantuan ini diambli dari alokasi dana desa 10 sampai 25 persen, sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat," terangnya.

Selain untuk BLT, alokasi dana desa juga meliputi: progra ketahanan pangan dan hewani sebsar 20 persen, operasional pemerintah desa tiga persen,dan program prioritas lainnya sesuai dengan kewenangan desa. 

Prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 sudah diatur dalam Permendesa PDTT Nomor: 8 Tahun 2022. Salah satunya mendukung pendanaan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan kemasyarakatan," terangnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com