Masyarakat Mesuji Diminta Antisipasi Dampak El Nino

Tanggal 03 Agu 2023 - Laporan Arifin. - 299 Views
Ilustrasi.

MOMENUTM, Mesuji -- Pemkab Mesuji mengimbau masyarakat mengantisipasi dampak El Nino pada sekitar Agustus-September 2023.

El Nino, menurut Kepala Kalak BPBD Kabupaten Mesuji Sunardi Nyerupa, membuat cuaca berubah tidak menentu. "Kadang hujan, kadang kemarau. Selama seminggu terakhir ini Kabupaten Mesuji mengalami musim kemarau," Rabu (2/8/2023)

Namun pada tahun ini, diperkirakan El Nino berdampak pada perubahan suhu panas di bawah normal atau lebih kering dibandingkan dengan sebelumnya. Diprediksi akan terjadi peningkatan resiko bencana meteorologis, kebakaran hutan, lahan dan kekeringan air bersih.

Karena itu, dia menambahka, semua pihak diminta mengoptimalkan pengelolaan dasar aliran sungai (DAS) untuk penyimpanan air pada akhir musim hujan. Turun lapangan mengecek lokasi potensi terjadinya kebakaran hutan maupun lahan. Mengidentifikasi daerah kekeringan, memberikan edukasi, menyiapkan bahan logistik dan peralatan seperti, tangki air bersih beserta pompa air.

Kemudian, melakukan kampanye hemat air, dan mengkoordinir stakeholder penyimpangan sumur bor dan pengaturan distribusi air.

Dia berharap masyarakat tidak membakar lahan hutan maupun pekarangan. "Saya sudah memberikan imbauan terjadinya badai El Nino ini, kepada seluruh kecamatan dan desa di tujuh kecamatan. Mudah-mudahan kabupaten Mesuji aman tidak ada peristiwa seperti El Nino," jelasnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com