Pj Bupati Tulangbawang Dinilai Tak Peduli Nasib Guru Honorer

Tanggal 17 Agu 2023 - Laporan Abdul Rohman. - 704 Views
Setelah unjuk rasa, para guru honorer diterima di salah satu ruangan di DPRD Tulangbawang.

MOMENTUM, Menggala -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Qudratul Ikhwan dinilai tidak perduli dengan nasib guru honorer di daerahnya. Pasalnya, penjabat bupati enggan menemui massa saat seratusan guru honorer menggelar aksi damai menuntut pemerintah daerah membuka penerimaan formasi PPPK tahun 2023.

Aksi guru honorer itu berlangsung di depan Gedung DPRD Tulangbawang, Rabu, 16 Agustus 2023. Massa berorasi disaat bersamaan Legislatif tengah menggelar rapat paripurna bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo dalam rangka memperingati HUT Ke-78 RI.

"Pj Bupati itu ada disini kepala dinas pendidikan itu ada disini. Tapi semuanya kabur. Kami kecewa terhadap penjabat bupati yang tidak mau menemui kami. Kami sangat kecewa, adanya bupati kan karena adanya rakyat," kata Ketua PGRI Kabupaten Tulangbawang Danial Anwar, seusai menggelar rapat terbatas bersama Komisi l dan IV DPRD Tulangbawang, Rabu, 16 Agustus 2023.

Dia menyebutkan, pemerintah pusat sebenarnya telah menyiapkan anggaran Rp10 miliar dari Dana Alokasi Umum (DAU). Dana itu salah satunya diperuntukkan untuk menggaji tiga bulan 620 PPPK hasil perekrutan tahun 2023. Namun, tidak diketahui alasan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang tidak membuka penerimaan formasi PPPK.

"Pemerintah Kabupaten Tulangbawang ini enggak mau daerahnya maju. Guru honorer ini korban kegagalan pemerintah daerah. Duit sudah ada tapi kenapa enggak ada pembukaan PPPK," ujar dia.

Danial menganggap Pemkab Tulangbawang telah melanggar aturan pemerintah pusat. Pasalnya dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 212/PMK.07/2022 tentang indikator tingkat kinerja daerah dan ketentuan umum bagian dana alokasi umum yang ditentukan penggunaannya tahun anggaran 2023 tanggal 27 Desember 2022.

Dari pantauan rapat paripurna rampung sekitar pukul 12.23 WIB. Pj Bupati Tulangbawang Qudratul Ikhwan bahkan sempat melakukan poto bersama tangga bersama forkopimda.

Seusai melakukan foto bersama Qudratul tampak menuju samping tanpa menemui aksi guru honorer yang tengah berada tepat di depan pintu masuk gedung.

Saat diwawancarai awak media, Qudratul menyatakan ketiadaan penerimaan PPPK di Kabupaten Tulangbawang tahun ini, karena alasan keterbatasan anggaran.

"Untuk sementara tidak ada (penerimaan PPPK), alasannya tidak tersedia cukup anggaran untuk membiayayai. Penerimaan ASN itu diawali rangkaian panjang. Bukan ujuk-ujuk hari ini kita mau langsung pembukaan penerimaan," kata Qudratul. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com