Pesagi Cultur Festival Digelar Oktober, Dinas Pendidikan Gelar Lokakarya

Tanggal 23 Agu 2023 - Laporan Sulemy Wahyu. - 1983 Views
Pembukaan okakarya Platform Kebudayaan, 23-24 Agustus 2023, ditandai dengan pemukulan gamelan.

MOMENTUM, Balikbukit -- Menyambut Pesagi Cultur Festival (PCF) pada Oktober 2023, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Barat (Lambar) menggelar Lokakarya Platform Kebudayaan, 23-24 Agustus 2023.

Kegiatan dua hari itu berlangsung di Lamban Pancasila, Waymengaku Kecamatan Balikbukit, Lambar. Dibuka oleh Dewa Ayu Oka Sulasmi, perwakilan Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan (PTLK).

Lokakarya menghadirkan lima pemateri. Eggy Yunaedi dari panel ahli Indonesia; Athur S Nalan perwakilan seniman; Hilda Yulianti Hapsari, staf Pokja Lembaga Kebudayaan dan Faiz Sukma Nugraha, staf Pokja Lembaga Kebudayaa.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disdikbud Riyadi Andrianto, mewakili kepala dinasnya, Bulki, menjelaskan, lokakarya tersebut sebagai persiapan Pesagi Cultur Festival pada Oktober 2023 mendatang.

Disebutkan, lokakarya diikuti 60 peserta mewakili berbagai kesenian yang ada di Lampung Barat. Dia, berharap para penggiat kesenian menjalin kerja sama guna menyukseskan Pesagi Cultur Festival.

Sementara Dewa Ayu Oka Sulasmi mengatakan lokakarya ini merupakan kerja sama pemerintah daerah dan pusat. Hal ini juga merupakan amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dalam rangka untuk membentuk ekosistem kebudayaan.

Platform kebudayaan adalah program pemerintah yang bertujuan untuk menghidupkan ekosistem objek pemajuan kebudayaan secara merata dan berkelanjutan.

"Pengelolaannya dilakukan secara gotong royong, untuk membangun kerja sama strategis antara pemerintah pusat dan daerah," terangnya. Dengan harapan, terjadi  transfer pengetahuan terhadap pelaku budaya di daerah.

Selain itu, dia berharap, lokakarya menjadi wadah untuk mengekspresikan ide kreatif, dan ajang silaturahmi, serta menjadi penyemangat dalam melestarikan kebudayaan. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Kontes Bonsai HUT Tubaba, Bonsai Serut dari B ...

MOMENTUM, Panaragan--Bonsai serut milik Supriyadi Alfian dari Ban ...


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com