Warga Pulaupahawang Siapkan Lahan untuk Puskesmas Pembantu

Tanggal 04 Sep 2023 - Laporan Rifat Arif. - 743 Views
Kades Pulaupahawang Ahmad Salim.

MOMENTUM, Margapunduh-- Masyarakat dan Pemerintah Desa Pulaupahawang Kecamatan Margapunduh, Kabupaten Pesawaran menyiapkan lahan untuk pembangunan puskesmas pembantu (pustu) di desanya.

Kepala Desa Pulaupahawang Ahmad Salim mengatakan, pihaknya menyiapkan lahan tersebut setelah ada instruksi dari pemerintah daerah, yang berencana membangun pustu di desanya.

“Iya, kami diberitahukan sebelum adanya pembangunan itu pihak desa wajib menyiapkan lahan. Karena itu kami pemerintah desa bersama masyarakat berinsiatif untuk iuran agar menyiapkan lahan yang akan dibangun pustu tersebut," katanya, Senin (4-9-2023).

Salim menyambut baik adanya wacana pembangunan pustu tersebut, mengingat saat ini Pulau Pahawang menjadi salah satu destinasi wisata di Pesawaran yang paling banyak di kunjungi wisatawan.

"Pertama di desa kami ini baru ada bidan desa, kedua sebagai daerah destinasi wisata kita juga harus melengkapi segala fasilitas penunjang yang ada, salah satunya fasilitas kesehatan ini," katanya.

“Dengan adanya pustu itu kedepannya, baik masyarakat maupun wisatawan yang datang, perlu mendapatkan perawatan medis, tidak perlu jauh-jauh ke darat lagi karena ditempat kita sudah ada," terangnya.

Dia juga berharap, petugas kesehatan yang ditempatkan di pustu tersebut, merupakan masyarakat asli Desa Pahawang yang telah mengenyam pendidikan kesehatan.

“Kami juga telah memiliki SDM nya, ada anak-anak Desa Pahawang ini yang kuliah baik keperawatan maupun kebidanan, sehingga ketika pustu itu sudah ada mereka bisa diberdayakan di pustu tersebut,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Media Apriliana mengatakan, Pemkab Pesawaran tahun depan akan mendapatkan bantuan pembangunan pustu di Desa Pahawang, dan saat ini segala persyaratan administrasi telah selesai semua.

"Sebelumnya kita bingung terkait lahannya, kalau masyarakat dan pemerintah Desa Pahawang bersedia menyiapkan lahannya, berarti sudah tidak ada masalah lagi, mudah-mudahan tahun depan pembangunan pustu akan segera berjalan,” ujarnya. (*)


Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com