Tekuk Trukmenistan, Timnas U-23 Indonesia Catat Sejarah

Tanggal 12 Sep 2023 - Laporan Harian Momentum - 553 Views
Skuad Timnas U-23 Indonesia. Foto: istimewa

MOMENTUM, Solo--Timnas U-23 Indonesia mencatatkan sejarah, untuk pertama kali lolos ke putaran final Piala Asia U-23 tahun 2024 mendatang. Kepastian tiket putaran final Piala Asia itu didapat usai garuda muda mengalahkan Trukmenistan dengan skor 2-0 pada pertandingan terakhir kualifikasi grup K Piala Asia U-23.

Hasil tersebut membawa Timnas U-23 Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 dengan status juara Grup K. Bertanding di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12-902023) malam, garuda muda baru berhasil membuka skor 1-0 pada menit menit ke-40 melalui tendangan jarak jauh Ivar Jenner.

Memasuki babak kedua tempo permainan menurun. Anak asuh pelatih Shin Tae-yong lebih hati-hati membangun serangan. Peluang emas didapat menit ke-55. Ivar Jenner melepaskan umpan matang dari tendangan bebas. Ilham Rio Fahmi menyambut umpan tesebut dengan sundulan yang masih membentur mistar gawang.

Dua menit kemudian Arkhan Fikri melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Sayangnya tendanganya masih melambung di atas gawang Trukmenistan. Menit ke-68, lemparan Pratama Arhan kembali menciptakan kemelut yang nyaris berbuah gol. Namun, peluang tersebut bisa digagalkan pemain Turkmenistan.

Pelatih Shin Tae-yong kemudian menarik striker Hokky Caraka dan menggantikanya dengan Witan Sulaeman. Witan sempat mencetak gol menit ke-72 usai memanfaatkan blundur kiper Turkmenistan. Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit karena Witan lebih dulu handsball.

Empat menit kemudian Ramadhan Sananta masuk menggantikan Marselino Ferdinan. Sananta langsung mengacam dengan  melepaskan sepakan keras dari jarak jauh, tapi belum menemui sasaran. Memasuki masa injury time, Indonesia baru bisa mencetak tambahan gol melalui Pratama Arhan.

Gol Pratama Arhan itu berawal dari umpan tarik Rayhan Hannan dari sisi kiri gawang Trukmenistan. Bola crosing itu langsung disambut Pratama Arhan dengan sudulan yang langsung menembus gawang Trukmenistan. Sebelumnya, pada pertandingan pertama kualifikasi grup K, Sabtu (9-9-2023) Timnas U-23 Indonesia menghancurkan Taiwan dengan skor 9-0. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Olahraga Pringsewu, Pj Bupati: Sarana Sederha ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawa ...


Besok, KONI Pringsewu Rapat Kerja Bahas Tiga ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komiter Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten ...


Gita Kurniawan Pimpin PODSI Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gita Kurniawan terpilih sebagai Ketua Pe ...


Rahmat Mirzani Ajak Warga Nobar Semifinal AFC ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Anggota DPRD Provinsi Lampung, Rahmat Mi ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com