UTI Raih Tiga Penghargaan dari LLDIKTI

Tanggal 17 Sep 2023 - Laporan Ikhsan Ferdiyanto - 343 Views
Rektor Universitas Teknokrat Indonesia HM Nasrullah Yusuf.

MOMENTUM, Bandarlampung--Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) meraih tiga penghargaan sekaligus dalam agenda rapat kerja pimpinan perguruan tinggi swasta di lingkungan lembaga layanan pendidikan tinggi (LLDIKTI) wilayah II, di Hotel Novotel Bandarlampung, Sabtu, (16-9-2023).

Penghargaan pertama diraih oleh kampus berjuluk sang juara itu menyandang peringkat ke I pada kategori Prestasi Mahasiswa untuk bentuk Perguruan Tinggi Universitas se-Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel).

Penghargaan kedua yang diraih adalah peringkat ke I pada kategori Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mahasiswa untuk Bentuk Perguruan Tinggi Universitas tingkat Sumbagsel.

Penghargaan ketiga adalah peringkat ke III kategori Kualifikasi Dosen untuk Bentuk Perguruan Tinggi Universitas tingkat Sumbagsel.

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia HM Nasrullah Yusuf mengatakan, pihaknya meraih 3 penghargaan sekaligus dikarenakan telah memahami kriteria dan standar 8 Indikator Kinerja Utama (IKU).

"Teknokrat memperoleh 3 penghargaan terbaik dalam pendidikan di kampus, kita harus memahami kriteria 8 standar yang diberikan dan standar lainya jadi kinerja kita itu harus lebih baik lagi. Dintaranya UTI mahasiswanya sang juara memperoleh penghargaan karena mahasiswa unggul didalam pendidikan," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan 3 penghargaan yang telah diraih, akan semakin memberikan semangat didalam meningkatkan mutu pendidikan.

"Tentu kita terus meningkatkan diri mutu Dosenya kita perbaiki, kepemimpinanya juga harus kita tingkatkan lagi. Kalau 8 standar IKU   ini baru yang pertama (mendapat penghargaan)," tandasnya.

Ia juga berharap, para lulusan Teknokrat dapat bersaing di dunia kerja bukan hanya tingkat nasional tetapi juga tingkat internasional.

"Ke depan kita berharap lulusan kita itu punya daya saing di dunia kerja atau bisa berusaha mandiri, daya saing ini harus kita tingkatkan bukan hanya daya saing dalam negri tetapi juga luar negeri," tutupnya.

Terpisah, Kepala LLDIKTI wilayah II Prof. Dr. Iskhaq Iskandar mengatakan bahwa pemberian penghargaan itu adalah salah satu dari rangkain rapat kerja tahunan untuk mengetahui apa saja yang dicapai dan apa saja yang harus segera dicapai.

"Jadi tentang rapat kerja itu agenda tahunan yang tujuanya evaluasi 1 tahun kebelakang bagaimana apa yang sudah kita capai, apa yang belum kita capai dan kemudian kita evaluasi," ungkapnya.

"Di saat yang bersamaan kita berikan apresiasi yang acuanya dari indikator kinerja utama IKU  dari perguruan tinggi. Jadi ada beberapa kriteria dari IKU sampai IKU 8 ditambah dengan pelaporan perguan tinggi pembentukan satgas kekerasan seksual. Itu (pemberian penghargaan) bentuk apresiasi kita untuk mengukur kinerja perguruan tinggi," ungkapnya lagi.

Prof. Iskhaq mengatakan, dari total 178 perguruan tinggi swasta dari 4 provinsi se-Sumbagsel hanya beberapa yang mendapatkan penghargaan. Pemberian penghargaan yang diberikan LLDIKTI wilayah II hanya diberikan kepada kampus swasta dengan nilai tertinggi.

"Beberapa saja yang mendapatkan penghargaan, ada sekitar 4 perguruan tinggi yang terus menerus maju mendapatkan penghargaan, artinya dimasing-masing IKU unggul artinya hanya perguran tinggi itu yang IKU bagus," tandasnya.

"Pada rapat kerja itu dievaluasi dan diapresiasi, jadi kita tau bahwa program LLDIKTI itu kurangnya apa itulah yang akan kita lakukan ditahun depan, misalnya bidang akreditasi ternyata masih banyak perguruan tinggi yang belum maka akan kita lakukan pembimbingan, atau kegiatan masyarakatnya kurang maka kita lalukan pembinaan untuk perguruan tingginya bisa mendapatkan pendaaan," tutupnya.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com