Ciptakan Lingkungan Bersih, Enam Sekolah di Mesuji Mengikuti Program Adiwiyata

Tanggal 27 Sep 2023 - Laporan Arifin. - 345 Views
Dinas Lingkungan Hidup ciptakan sekolah Adiwiyata bersih dan sehat.

MOMENTUM, Mesuji -- Enam sekolah di Kabupaten Mesuji mengikuti program Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mesuji bersama sejumlah dinas terkait lainnya melakukan pembinaan untuk mewujudkan program tersebut.

Menurut Ketua Tim Pembinaan Adiwiyata Mesuji, Siswantoro program Adiwiyata bertujuan menciptakan kondisi lingkungan yang baik sehingga menjadikan sekolah tempat pembelajaran yang nyaman dan penyadaran warga sekolah tentang pentingnya lingkungan yang sehat.

"Sekolah Adiwiyata merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran anggota sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan," kata Siswantoro.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.53 tentang Penghargaan Adiwiyata ada empat kebijakan yang perlu dilakukan. Yaitu,  kebijakan berwawasan lingkungan. Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

“Program Adiwiyata bukanlah lomba, melainkan pengakuan terhadap sekolah, madrasah dan pesantren dalam mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Sekolah adiwiyata merujuk pada kebersihan, teduh, indah, efisien dalam penggunaan kertas, air dan listrik, sehingga menjadi sekolah yang nyaman dalam pembelajaran. 

Berikut sekolah Adiwiyata yakni, SMPN 17 Mesuji, SMPN 23 Mesuji, SDN 4 Mesuji Timur, SDN 9 Jaya, SDIT Bina Insani Simpang Pematang, (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


Gelar Konferensi Internasional, Fakultas Syar ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Fakultas Syariah Universitas Islam Nege ...


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com