PT Kilang Pertamina - Universitas PGRI Kerja Sama Penelitian Ikan Belida

Tanggal 27 Sep 2023 - Laporan Deny Wahyudi - 265 Views
Area Manager Comm Rel & CSR Pertamina, Siti Rachmi Indahsari tebar belida di Kampus C PGRI Kecamatan Sematang Borang Palembang, Rabu 27 September 2023.

MOMENTUM, Palembang - PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju menggandeng Universitas PGRI penelitian budidaya ikan belida.

Kegiatan itu dilakukan di Kampus C PGRI Kecamatan Sematang Borang Palembang. Tebar bibit belida berlangsung pada Rabu 27 September 2023.

Area Manager Comm Rel & CSR Pertamina, Siti Rachmi Indahsari mengatakan, kerjasama PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju bukan hanya pada Tahun ini dengan Universitas PGRI Palembang.

“Tahun sebelumnya kita telah kerjasama dalam penyusunan kurikulum untuk buku cinta belida dan tanggap bencana yang di sosialisasikan untuk anak – anak usia sekolah,” kata Rachmi.

Dikatakan, ada sekitar 100 bibit indukan ikan belida yang dicoba konservasi. Untuk di Universitas PGRI Palembang ada sekitar 52 ekor bibit indukan ikan belida yang siap diteliti dan konservasi. Selebihnya di Cibinong, Jawa Barat.

Dua tempat penebaran indukan belida itu, kata dia, menjadi pusat penelitan pihaknya bersama BRIN.

"BRIN dan kita sama-sama mengembangbiakkan dan melakukan penelitian. Seperti apa cara-cara paling efektif untuk bisa ikan belida berkembang biak,” ujar Rachmi.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang, Bukman Lian menambahkan, kerjasama PGRI Palembang dengan BRIN dan Pertamina untuk membudidayakan ikan belida dan melakukan penyelamatan.

“Dosen-dosen di Fakultas Perikanan di Universitas PGRI Palembang 100 persen adalah dosen yang memiliki kemampuan kompetensi untuk melakukan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan ilmu pengetahuan, dibuktikan dengan kerjasama bahwa metode apa saja untuk belida ini dengan BRIN,” jelasnya. 

Hadir pada kesempatan itu, antara lain, Ketua Provinsi PGRI Sumsel, Ahmad Zulinto, Ketua BPH PB PGRI Pada UPGRIP, Meilia Rosani, Rektor Universitas PGRI Palembang, Bukman Lian, Area Manager Comm Rel & CSR Pertamina, Siti Rachmi Indahsari, dan Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat (BRIN), Boby Muslimin. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Komitmen Bayar SHT! PTPN I Tetap Erat Bergand ...

MOMENTUM, Jakarta--Peningkatan kinerja hingga kontribusi kepada n ...


BI Maksimalkan Penggunaan QRIS di Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung ...


BI: Ekonomi Lampung Triwulan I 2024 Tumbuh Me ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kinerja perekonomian Provinsi Lampung pa ...


Dukung Hilirisasi Energi, PGN Suplai Gas Bumi ...

MOMENTUM, Gresik – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengoptim ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com