Empat Tahun Pimpin BUMN, Erick Thohir Beri Dorongan Besar Bagi PTPN XIV

Tanggal 04 Okt 2023 - Laporan Nurjanah/rls - 337 Views
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

MOMENTUM, Makassar--Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi sosok yang konsisten menunjukkan kepemimpinan yang punya kapabilitas dan sudah teruji.

Kepemimpinan Erick Thohir selama empat tahun sebagai Menteri BUMN telah membawa manfaat besar bagi berbagai perusahaan BUMN di Indonesia. Torehan emas kepemimpinan Erick Thohir diawali dengan keberhasilan  mentransformasi tubuh Kementerian BUMN.

Kerja positif Erick Thohir sukses menambah kenaikan laba BUMN hingga Rp303,7 triliun serta dividen untuk negara mencapai Rp80 triliun.

Tidak hanya itu, kebijakan 'Bersih-Bersih BUMN' yang diluncurkan Erick juga berhasil membongkar kasus korupsi besar semisal Jiwasraya, ASABRI, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast, dan Pelindo. Di era kepemimpinannya ekonomi masyarakat makin bergeliat lewat program, kebijakan prorakyat kecil.

Erick Thohir merupakan salah satu representasi pemimpin muda saat ini yang berada di pemerintahan. Hal tersebut membuat eks presiden Inter Milan tersebut mudah mendapat tempat di hati para anak muda, khususnya kalangan milenial.

PTPN, salah satu perusahaan perkebunan terkemuka di Indonesia, telah mengalami peningkatan dalam berbagai aspek sejak Erick Thohir menjabat sebagai Menteri BUMN pada tahun 2019, diantaranya:

1. Peningkatan Efisiensi Operasional: Di bawah kepemimpinan Erick Thohir, PTPN telah mengalami peningkatan efisiensi dalam operasional perkebunannya. Ini termasuk penggunaan teknologi modern, perbaikan dalam manajemen sumber daya, dan peningkatan produktivitas.

2. Akses ke Sumber Daya Tambahan: Menteri Erick Thohir telah memfasilitasi akses PTPN ke sumber daya tambahan seperti pembiayaan yang lebih baik dan dukungan investasi. Hal ini telah memungkinkan perusahaan untuk melakukan ekspansi dan peningkatan kapasitas produksi.

3. Fokus pada Pertanian Berkelanjutan: PTPN telah menerapkan praktik pertanian yang berkelanjutan di bawah bimbingan Menteri Erick Thohir, yang telah membantu melindungi lingkungan dan meningkatkan citra perusahaan dalam hal keberlanjutan.

4. Peningkatan Keuntungan: Seiring dengan efisiensi dan peningkatan produktivitas, PTPN telah mencatat pertumbuhan pendapatan dan keuntungan yang signifikan selama empat tahun terakhir.

Maalun Lamau, Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan dan Legal PTPN XIV yang merupakan anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) mengatakan Kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN telah memberikan dorongan besar bagi industri perkebunan di Indonesia, termasuk PTPN XIV.

“PTPN Group saat ini akan melakukan restrukturisasi, dimana PTPN nantinya akan dibagi menjadi tiga Subholding, antara lain SugarCo yang saat ini telah terbentuk, dan PalmCo serta SupportingCo nantinya akan terbentuk juga, dan PTPN XIV akan tergabung didalam SupportingCo. Kami merasa diberdayakan untuk terus berinovasi dan berkembang untuk masa depan yang lebih baik dibawah kepemimpinan Erick Thohir saat ini" ujar Maalun.

Komitmen Menteri Thohir dalam mendukung perusahaan BUMN dan sektor Perkebunan telah membuka peluang besar bagi PTPN dan sejumlah perusahaan sejenis. Dalam masa depan, diharapkan sinergi antara BUMN dan perusahaan-perusahaan ini akan terus menghasilkan manfaat positif bagi perekonomian Indonesia dan lingkungan.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Kabar Gembira, RS Belleza Kedaton Kini Layani ...

MOMENTUM, Bandarlampung--'Kabar gembira bagi masyarakat Lampung. ...


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com