Pringsewu Craft 2, Ajang Kenalkan Wastra Kain Tapis

Tanggal 10 Okt 2023 - Laporan Joko Sulistyo. - 342 Views
Pemerintah Kabupaten bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pringsewu kembali menggelar Pringsewu Craft.

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Kabupaten bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pringsewu kembali menggelar Pringsewu Craft.

Pringsewu Craft 2 merupakan ajang memperkenalkan wastra kain tapis maupun produk-produk kriya yang ada di Kabupaten Pringsewu, serta peningkatan kualitas SDM pelaku IKM dan pengembangan pasar.

Gubernur Lampung diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi pada malam puncak Pringsewu Craft 2 di halaman Pendopo Kabupaten Pringsewu, Senin (9/10/2023), mengapresiasi digelarnya kegiatan itu.

Menurutnya, jika tahun lalu Pringsewu Craft fokus pada pengenalan dan pengembangan kualitas craft, kali ini lebih difokuskan pada pengembangan rencana bisnis craft dan tapis dengan pelibatan ide dan gagasan dari perguruan tinggi.

"Saya memberi apresiasi, genda ini  sangat positif dan menarik,"ucapnya.

Dikatakan menarik karena ada sekitar 100 instalasi tapis dari para pengrajin. "Namun demikian, saya  berharap ke depan jumlah pengrajin yang terlibat pada kegiatan ini akan semakin meningkat dan event ini akan semakin mengglobal," harap Kusnardi.

Sementara Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan UMKM memiliki peranan strategis dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. 

Menurut data Kemenko Bidang Perekonomian, tercatat 60 persen lebih dari total jumlah usaha di Indonesia adalah UMKM dan telah memberikan lapangan kerja bagi 110 juta orang atau 58 persen total penduduk Indonesia.

Meskipun memiliki peran strategis dalam membantu pertumbuhan ekonomi nasional, lanjut Adi Erlansyah, produk UMKM lokal masih sedikit yang berhasil menembus pasar internasional, karena minimnya inovasi dan kurangnya pemanfaatan media sosial. 

"Hal inilah yang mendasari kegiatan, yang fokus membangun rencana bisnis craft dan tapis dengan pendekatan inovasi teknologi digital dengan melibatkan perguruan tinggi yang nantinya akan memproyeksikan ide dan gagasan generasi Z,"ujarnya.

Sedang Ketua Dekranasda Pringsewu Rusdiana Adi Erlansyah menjelaskan Pringsewu Craft bertujuan mengajak civitas akademika melalui lomba craft business masterplan untuk memunculkan ide-ide yang disusun dalam sebuah grand design yang akan dimanfaatkan untuk menetapkan kebijakan dalam pelaksanaan program kegiatan Dekranasda Pringsewu ke depan.

"Hal ini sebagai upaya bagi meningkatkan perekonomian sekaligus memperkenalkan Wastra Tapis dari Pringsewu agar dikenal dan diminati masyarakat luas dari berbagai kalangan," jelasnya. 

Menurutnya Pringsewu Craft 2 bertajuk 'Building The Future Together' antara lain diisi dengan instalasi tapis, pameran 100 Wastra tapis dan kriya, flexing tapis dan penyerahan hadiah kepada juara lomba craft business masterplan yang diikuti 75 orang peserta.

Diantaranya dari Universitas Aisyah Pringsewu, Universitas Muhammadiyah Pringsewu dan Institut Bakti Nusantara Pringsewu serta penampilan Pringsewu Perkusi feat Rampak Rebana dan hiburan musik grup Batas Senja.

Agenda itu dihadiri Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Sekretaris Daerah Heri Iswahyudi beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda Pringsewu, perwakilan dari Pemkab Pesawaran dan Tanggamus, serta artis sekaligus praktisi budaya Gilang Ramadhan dan desainer yang concern terhadap tapis Nola Martha. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Kabar Gembira, RS Belleza Kedaton Kini Layani ...

MOMENTUM, Bandarlampung--'Kabar gembira bagi masyarakat Lampung. ...


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com