PLN Nusantara Power UPK Tarahan Raih Penghargaan Subroto Award 2023

Tanggal 10 Okt 2023 - Laporan Nurjanah/rls - 286 Views
Penyerahan penghargaan dari Kementerian ESDM.

MOMENTUM, Surabaya--PLN Nusantara Power, subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara terus menebalkan komitmennya dalam menghadirkan listrik yang andal dengan mengedepankan aspek keselamatan dalam lingkup bisnisnya. Melalui penyematan 12 penghargaan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) Subroto Award tahun 2023 dari Kementerian ESDM di Surabaya, Jumat, 6 Oktober 2023.

Dari total 17 penghargaan yang diberikan Kementerian ESDM, sebanyak 12 kategori diraih PLN Nusantara Power. Salah satunya diraih PLN NP UPK Tarahan kategori PLTU sistem grid code non-Jamali Sumatera skala besar.

Dengan pencapaian itu, PLN Nusantara Power tercatat telah mengoleksi 40 penghargaan K2 Subroto Award sejak tahun 2018 hingga 2023.

Penghargaan Subroto Award diadakan sebagai rangkaian peringatan Hari Tambang dan Energi ke 77 di tahun 2023 ini dan kali ketujuh diadakan oleh Kementerian ESDM RI sejak tahun 2017. Subroto Award adalah penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian ESDM RI kepada stakeholder Kementerian ESDM RI dalam memajukan sektor ESDM di Indonesia. 

Pada penghargaan Subroto Award 2023 yang dianugerahkan langsung oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman Hutajulu menyampaikan bahwa acara puncak dari Peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-78 ini mengusung tema “Energi Masa Depan Bumi".

"Kenaikan suhu, perubahan iklim, hingga polusi merupakan persoalan yang harus segera ditangani,” jelas Jisman sembari menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya mengikuti kebijakan energi global yang saat ini bertransisi ke arah energi bersih, rendah emisi, dan ramah lingkungan', terang Jisman.  

Hal serupa juga disampaikan oleh Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah yang juga menerangkan komitmen perusahaan dalam mendukung energi bersih demi mewujudkan Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. Menurutnya, dalam mendukung target tersebut PLN NP akan terus mengedepankan aspek keselamatan pada seluruh wilayah operasional yang tersebar di penjuru Nusantara. 

"Di era transisi energi menjadi energi bersih ini, kami PLN Nusantara Power menegaskan komitmen kami dalam bertumbuh kembang bersama lingkungan di unit pembangkit yang kami kelola. Penghargaan ini menjadi momen penting kami untuk terus meningkatkan kontribusi kami kepada energi bersih, rendah emisi, dan ramah lingkungan di Indonesia dan terus menegakan aspek keselamatan kerja di garda terdepan", terang Ruly Firmansyah. 

Dalam menjalankan proses bisnisnya, PLN NP dikenal sangat konsisten dan berkomitmen dalam menjaga Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) maupun Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), sehingga tercipta lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Melalui berbagai upaya dalam mewujudkannya, PLN NP didukung oleh beberapa program unggulan seperti PLN NP Total Patrol dan juga pembuatan aplikasi pendukung program K3 seperti iZAT. Aplikasi iZAT sendiri sebelumnya juga telah mendapatkan penghargaan internasional dalam ajang Stevie Awards.

PLN Nusantara Power UPK Tarahan juga memperoleh penghargaan Zero Accident tahun 2023 dari KEMENAKER RI setelah mencapai 14.418.296 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja. Hal ini tidak lepas dari peran serta seluruh insan UPK Tarahan dalam rangka Penerapan Budaya Safety (Safety Culture).

PLN Nusantara Power UPK Tarahan dinilai telah menjalankan operasionalnya dengan mengutamakan aspek keselamatan dan menjadi bukti nyata komitmen PLN NP UPK Tarahan dalam menerapkan K3 di lingkungan bisnis perusahaan. Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi dan pengingat untuk terus menjaga aspek K3 secara berkelanjutan.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com