PTPN Group Resmi Manfaatkan Aplikasi MIXN4 Ciptaan PTPN IV

Tanggal 10 Okt 2023 - Laporan Nurjanah/rls - 361 Views
Aplikasi Mill Monitoring for Excellence N4 (MIXN4).

MOMENTUM, Medan--Sejak beberapa waktu lalu, aplikasi kebanggaan PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) mulai diimplementasikan Holding Perkebunan Nusantara. Aplikasi yang dimaksud adalah Mill Monitoring for Excellence N4 (MIXN4).

Setelah diadopsi holding, MIXN4 resmi berganti nama menjadi Mill Indicator Monitoring System (MIMS). Kini, aplikasi tersebut telah diadopsi oleh Holding Perkebunan Nusantara di unit usaha PTPN Group.

Menurut Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Mulianto, MIMS merupakan inovasi yang diciptakan PTPN IV guna mempermudah manajemen dan pengawasan pada proses pengolahan kelapa sawit agar lebih efektif.

“PTPN IV bersyukur dan juga bangga karena aplikasi ini mampu memberi manfaat lebih bagi holding,” ujar Mulianto, Selasa (10-10-2023).

Pada 2020-2021, PTPN IV mulai memanfaatkan alat penganalisa oil losses yang bernama FOSS NIRS DA 1650. Alat ini mampu menganalisa dalam waktu yang sangat cepat, yaitu kurang dari satu menit. Dengan hasil analisa yang cepat tersebut, maka tindakan preventif bisa segera dilakukan sehingga dapat mengurangi losses dan kerugian bagi perusahaan.

Namun demi mengoptimalkan proses monitoring, PTPN IV masih memerlukan suatu tools atau sistem yang lebih user friendly. Sehingga hasil dari analisa FOSS NIRS DA 1650 bisa diakses dari mana dan kapan saja. Beranjak dari kebutuhan itulah perusahaan menciptakan MIXN4.

Sebelum diadopsi Holding Perkebunan Nusantara dan berganti nama menjadi MIMS, MIXN4 telah terbukti efektif memberi manfaat lebih bagi PTPN IV. Aplikasi ini mampu mempermudah pegawai untuk membaca sekaligus mengawasi operasional pengolahan kelapa sawit, terutama lossis dan mutu.

“Ke depan, kami akan berusaha semaksimal mungkin menciptakan inovasi-inovasi lain yang Insya Allah akan mempermudah operasional perusahaan,” pungkas Mulianto.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Kabar Gembira, RS Belleza Kedaton Kini Layani ...

MOMENTUM, Bandarlampung--'Kabar gembira bagi masyarakat Lampung. ...


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com