Kasus Asusila, Pelajar SMA Asal Pringsewu Ditangkap Polisi

Tanggal 10 Okt 2023 - Laporan Sulistyo - 342 Views
Pemuda asal Adiluwih, Pringsewu ditangkap aparat kepolisian atas dugaan perbuatan asusila.

MOMENTUM, Pringsewu--Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Pringsewu ditangkap aparat kepolisian setempat.

Remaja 18 tahun asal Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu itu ditangkap terkait dugaan tindak asusila dengan teman wanitanya yang juga masih di bawah umur.

Kapolsek Sukoharjo Iptu Poltak Pakpahan mewakili Kapolres AKBP Benny Prasetya, menjelaskan, pelaku yang masih berstatus pelajar kelas 3 SMA, diamankan oleh polisi di wilayah Kecamatan Bangunrejo, Kabupaten Lampung Tengah, Senin (9-10-2023) sekitar pukul 02.00 WIB.

Menurut dia, penangkapan dilakukan setelah pihak berwenang menerima laporan dari orang tua korban yang merasa tidak terima dengan tindakan pelaku terhadap anak perempuannya.

Kapolsek menuturkan, peristiwa persetubuhan ini terjadi pada Sabtu (26-8-2023) di rumah seorang teman pelaku yang berlokasi di Pekon/Desa Waringinsari Timur, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu. Pelaku diyakini telah merayu pacarnya terlebih dahulu sebelum terjadi hubungan badan.

Modus operandi pelaku adalah mengajak korban ke rumah temannya. Di tempat tersebut, pelaku merayu korban untuk melakukan hubungan layaknya suami-istri.

"Awalnya korban menolak, namun pelaku terus memaksa dan merayu hingga akhirnya korban terperdaya dan persetubuhan terjadi," ungkap Kapolsek Sukoharjo, Selasa (10-10).

Pakpahan menambahkan, kasus ini terungkap setelah korban menceritakan peristiwa tersebut kepada orang tuanya. Dalam keadaan tidak terima, ayah korban melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib. 

Saat diperiksa oleh polisi, pelaku mengakui perbuatan tersebut.

Maka atas perbuatannya itu, tersangka dijerat dengan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak. "Dengan ancaman pidana penjara minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun, serta denda paling banyak Rp5 miliar," imbuhnya.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Balita di Lamteng Jadi Korban Pencabulan ...

MOMENTUM, Anakratuaji--Pria paruh baya berinisial SK (46), ditang ...


Jadi Saksi Kasus Korupsi, Inspektur Inspektor ...

MOMENTUM, Kotabumi--Menjadi saksi kasus dugaan tindak pidana koru ...


Komplotan Curanmor di Lamteng Diamankan, Satu ...

MOMENTUM, Padangratu--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi P ...


Peringati Hari KI, Kemenkumham Sebut 10 Ribu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com