Peringatan Hari Santri, Momentum Mengisi Kemerdekaan

Tanggal 15 Okt 2023 - Laporan Ikhsan Ferdiyanto. - 521 Views
Jalan sehat sarungan peringatan Hari Santri Nasional, di Bandarlampung. Foto: Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Lampung Puji Raharjo mengajak para santri memaknai Hari Santri Nasional (HSN) sebagai momentum mengisi kemerdekaan.

Hal itu disampaikan Puji di depan Tugu Gajah Adipura, Kota Bandarlampung, Ahad (15-10-2023). Sebelum pemberangkatan jalan sehat peringatan Hari Santri Nasional (HNS) ke-8.

Ia mengatakan, perjuangan santri itu tidak hanya berhenti pada merebut dan mempertahankan kemerdekaan. "Tetapi hari ini lebih penting bahwa jihad santri untuk mengisi kemerdekaan," ujar Puji. 

"Berdasarkan pancasila, UU Dasar 1945 dalam bentuk NKRI dengan bingkai Bhineka Tunggal Ika diharapkan santri bersatu padu dalam mengisi kemerdekaan," imbuhnya.

Hal itu, kata Puji, yang menjadikan jihad yang harus dilakukan santri hari ini. "Santri saat ini tidak boleh lengah, santri sudah berusaha mempertahankan dan memperjuangkan NKRI. Jangan sampai direbut negeri ini oleh pihak lain," tegasnya.

Perayaan HSN tersebut diadakan terpusat di Tugu Gajah Adipura, Kota Bandarlampung. Jalan sehat diikuti ribuan peserta mengenakan sarung denga rute: Tugu Gajah Adipura menuju Jalan Ahmad Yani, Jalan RA Kartini, Jalan Katamso, Jalan Raden Intan dan finis kembali di Tugu Adipura. 

Kegiatan itu diselenggarakan Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pesantren Lampung Indonesia (MP3I) Lampung bersama Pemerintah Kota Bandarlampung, Kementerian Agama dan PWNU Lampung. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com