UIN Raden Intan Lampung Tingkatkan Mutu dan Kompetensi Dosen

Tanggal 18 Okt 2023 - Laporan Wawan/rls - 402 Views
Workshop Pengembangan Mutu dan Kompetensi dalam Pembelajaran Menuju Dosen yang Berkualitas dan Inovatif.

MOMENTUM, Bandarlampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) selenggarakan Workshop Pengembangan Mutu dan Kompetensi dalam Pembelajaran Menuju Dosen yang Berkualitas dan Inovatif.

“Kegiatan ini penting untuk diadakan, karena salah satu komponen utama dari sebuah perguruan tinggi adalah dosen yang merupakan ujung tombak keberhasilan dari pencapaian tujuan pendidikan dan kualitas mutu instansi,” ungkap Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof Dr H Alamsyah MAg dalam sambutannya sekaligus membuka acara, di Ruang Teater Lt.2, Senin (16-10-2023).

Workshop yang akan berlangsung pada 16-21 Oktober 2023,  diikuti 150 dosen UIN Raden Intan Lampung. Jumlah tersebut terbagi menjadi 5 angkatan sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan dengan tema materi Active Learning Strategies. Angkatan 1 pada Senin-Selasa, Angkatan 2 dan 3 pada Rabu-Kamis, Angkatan 4 dan 5 pada Jumat-Sabtu.

Prof Alamsyah menegaskan, para dosen harus mempunyai komitmen dalam mencerdaskan mahasiswa dengan kompetensi yang dimiliki. Yang meliputi kompetensi ilmu, kompetensi terkait teknologi, dan kompetensi psikologi dalam menghadapi peserta didiknya.

“Maka, saya menaruh harapan besar kepada Bapak/Ibu dosen-dosen muda, agar memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu, membangun tekad dan komitmen menjadi seorang yang profesional, serta menjaga moralitas,” ujarnya.

Dia juga mengajak para dosen dalam mendukung tiga program utama pimpinan yakni, internasionalisasi, digitalisasi, dan kemandirian. Sebagai dosen yang hidup di era teknologi, multikultural, serta multireligius, sambungnya, dosen juga harus merespon dan mengikuti perkembangan ilmu pendidikan yang bergerak sangat cepat. 

Ketua LPM UIN RIL Bambang Irfani MPd PhD dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka  membekali para dosen agar dapat menguasai teknik-teknik pembelajaran dan menumbuhkembangkan partisipasi mahasiswa di dalam kelas.

“Ini adalah kegiatan pertama dalam rangka meningkatkan mutu dan kompetensi dosen dari serangkaian kegiatan yang kita programkan. Kegiatan selanjutnya nanti fokus pada bidang evaluasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, dan artikel jurnal,” ungkap Bambang.

Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Prof Dr H Rohmad MPd, Prof Dr H Fauzi MAg, Prof Dr H Suwito MAg, dan Dr Hj Sumiarti MAg dari UIN Saizu Purwokerto.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


Mahasiswa Asing IIB Darmajaya Belajar Bahasa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam meningkatkan pemahaman dan penguas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com