Semarak Hari Santri, Rektor UIN Resmi Buka Expo Kemandirian Pesantren dan Festival Kebudayaan

Tanggal 18 Okt 2023 - Laporan Wawan/rls - 346 Views
Expo Kemandirian dan Festival Kebudayaan Pesantren di Gedung Serba Guna (GSG) UIN RIL.

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) Prof H Wan Jamaluddin Z MAg resmi membuka Expo Kemandirian dan Festival Kebudayaan Pesantren di Gedung Serba Guna (GSG) dan disiarkan Live di kanal Youtube UIN, Rabu (18-10-2023).

Pembukaan ditandai dengan ditabuhnya gong oleh Rektor dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2023 dengan tema Jihad Santri Jayakan Negeri.

Rektor memaparkan, tema yang diusung adalah sebagai pengingat bagi para santri bahwa santri memiliki andil besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Para santri, ujar Rektor, harus aktif memberi kontribusi dalam memajukan Negeri serta berjuang di era transformasi digital. 

“Para santri harus terus berjuang membangun kejayaan Negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital,” ujar Prof Wan.

Prof Wan mengajak agar fokus serta tetap terus memberikan prestasi dan mengukir kesuksesan bagi kampus hijau tercinta UIN Raden Intan Lampung.

“Sebarkan kebaikan dan prestasi-prestasi kita. Itu menjadi bagian jihad santri untuk menjayakan UIN Raden Intan Lampung,” tandasnya.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Lampung Dr Puji Raharjo SAg SS MHum.

Puji mengatakan, kemandirian Pesantren adalah salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama. Expo Kemandirian Pesantren ini diikuti oleh Pesantren yang telah ataupun sedang menerima dana inkubasi dari pemerintah.

“Pesantren hari ini sudah berbeda, bukan hanya menjadi pemimpin agama dan Ulama di tengah-tengah kita semua, tetapi Pesantren hari ini sudah bisa melahirkan wirausahawan dan entrepreneur muda yang mampu bersaing di tengah ekonomi global,” ujar Puji.

Sementara Mudir Ma’had Al Jami’ah UIN Raden Intan Lampung sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan, Ust Muhammad Nur MHum dalam laporannya menyampaikan, terdapat 18 pesantren se-Provinsi Lampung dan 24 UMKM yang meramaikan kegiatan Expo dengan menjajakan hasil produk dan jasa karya para santri pada 18-20 Oktober 2023.

Tak hanya itu, lanjutnya, rangkaian kegiatan yang terdiri dari  yakni Lomba Hadroh dan Lomba Nasyid Santri, Pentas Seni, Pawai Karnaval dan Istighosah akan memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional hingga 22 Oktober mendatang.

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan kemeriahan Shalawat Kubro bersama Habib Asadullah Assegaf dan Tim Hadroh Noto Ati Hushshonul Wathon. Gema shalawat memenuhi gedung oleh para Mahasantri Ma’had Al Jami’ah UIN RIL, para santri Ponpes, dan juga Sivitas Akademika UIN RIL.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


Mahasiswa Asing IIB Darmajaya Belajar Bahasa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam meningkatkan pemahaman dan penguas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com