Apel HSN 2023 di UIN Raden Intan, Kobarkan Semangat Resolusi Jihad Santri

Tanggal 22 Okt 2023 - Laporan Wawan/rls - 232 Views
Apel Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL).

MOMENTUM, Bandarlampung--Apel Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) yang digelar di halaman Rektorat berlangsung khidmat, Minggu (22-10-2023).

Berbalut gaya santri, lengkap dengan sarung dan baju putih, berbagai kalangan yang terdiri dari Pemerintah Provinsi Lampung, Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Forkopimda, Ormas Keagamaan, Ponpes dan peserta didik MIN 5 Bandar Lampung, MTs Negeri 2 Bandar Lampung, MAN 1 Bandar Lampung, serta Mahasantri Ma’had Al Jami’ah mengikuti Peringatan Hari Santri di UIN RIL.

Untuk tahun 2023 ini,  peringatan Hari  Santri mengangkat Tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” yang memiliki  makna mendalam. 

Rektor UIN RIL Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD bertindak sebagai pemimpin apel. Seluruh hadirin antusias mendengarkan amanat Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

“Kata “jihad” dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik,  melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup  perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan  memperbaiki diri,” ungkap Rektor saat membacakan amanat Menag.

Semangat jihad para santri dalam menjalankan ajaran agama dan  berjuang untuk kemerdekaan, ujarnya, sangat patut diteladani. Hari  Santri adalah momentum yang tepat untuk merefleksikan peran  kita dalam menjayakan negeri ini.

Menag menyampaikan, peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri  adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang  mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan  dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. 

Menag turut mengajak seluruh jajarannya menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara.

“Oleh karena itu, mari kita renungkan dan amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari. Perjuangan kita bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan semua bentuk ketidaksetaraan,” ujar Menag.

Pada kegiatan apel ini juga dibacakan Naskah Resolusi Jihad oleh Wakil Dekan III Fakultas Adab Dr H Amirudin MPdI dan doa dipimpin oleh Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Dr H Rosidi MA.

Untuk diketahui, Hari Santri ditetapkan tanggal 22 Oktober melalui Keputusan Presiden Nomor 22  Tahun 2015. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya  “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi  mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini  kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember  1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


Mahasiswa Asing IIB Darmajaya Belajar Bahasa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam meningkatkan pemahaman dan penguas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com