Keputusan Uji Kelayakan Komisioner KPU-Bawaslu Diambil Tertutup

Tanggal 03 Apr 2017 - Laporan - 990 Views
Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali. Foto: Google

Harianmomentum-- Senin (3/4) sampai Selasa (4/4) Komisi II melakukan proses fit and propert test (FnP) terhadap 14 calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan 10 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali mengatakan proses itu akan dibagi menjadi 5 sesi.

"Sesi untuk hari ini diharapkan 14 orang itu KPU semuanya akan dapat bagian. Jadi sesi pertama 4 orang, kedua dan ketiga 5 orang. Besok Bawaslu kita bagi 2 karena angka 10 maka bagi 5," jelasnya saat ditemui di Komplek Parlemen, Senayan, dikutip RMOL.CO Jakarta, (3/4).

Nah, setelah semua sesi dilaksanakan, lanjut Amali, Komisi II akan melakukan rapat internal untuk mengambil keputusan siapa saja komisioner KPU-Bawaslu yang akan mereka pilih.

"Setelah itu kita akan laporkan ke rapat Bamus (Badan Musyawarah). Diharapkan tanggal 5 sudah dilaksanakan. Kami harap tanggal 6 (April) pimpinan DPR menjadwalkan paripurna salah satu agenda menyampaikan laporan tentang uji kepatutan dan kelayakan sbgaimana yang dilaksanakan Komisi II," harapnya.

Dijelaskannya bahwa proses FnP akan dilakukan secara terbuka, namun untuk rapat internal pengambilan keputusan akan dilakukan secara tertutup.

"(FnP) terbuka supaya semua bisa mengetahui tentang kapasitas dari masing-masing calon, tapi pada saat pengambilan keputusan kami lakukan tertutup. Karena kami tidak mau ada yang tidak terpilih terjadi perdebatan, kami jaga supaya semua merasa nyaman dan tidak ada yang tersakiti," jelasnya.(Red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Baliho Cagub Colong Star Kampanye, Bawaslu Ta ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Terdapat beberapa titik baleho salah satu C ...


Kasat Reskrim Ingatkan Anggota PPK untuk Jala ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Kasat Reskrim Polres Tanggamus Iptu Muhamm ...


KPU Tanggamus Lantik 100 Anggota PPK untuk Pi ...

MOMENTUM, Tanggamus --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamu ...


Made Bagiasa Siap Ramaikan Pilbup Lamteng ...

MOMENTUM, Bandarlampung--I Made Bagiasa, anggota DPRD Provinsi La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com