Pramuka Pringsewu Ikut JOTA-JOTI

Tanggal 22 Okt 2023 - Laporan Sulistiyo - 497 Views
Anggota Pramuka Pringsewu ambil bagian dalam even JOTA-JOTI yang diselenggarakan ORARI Lokal Pringsewu

MOMENTUM, Pringsewu--Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Pringsewu ambil bagian dalam even Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI) yang diselenggarakan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Pringsewu.

Even yang berlangsung sejak Jumat hingga-Minggu (20 hingga 22 Oktober 202 itu dipusatkan di Sekretariat ORARI Lokal Pringsewu.

Ketua Kwarcab sekaligus Ketua ORARI Lokal Pringsewu Fauzi (YB4SJB) menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaan even tersebut. 

"Semoga sinergitas antara Pramuka dan ORARI dapat lebih erat dan harmonis lagi kedepan," harapnya.

Fauzi menerangkan, Jamboree On The Air, kali pertama diprakarsai oleh seorang amatir radio dari Inggris bernama Leslie R. Mitchel yang memiliki callsign (tanda panggilan)  G3BHK pada 1957,  dalam rangka memperingati 50 tahun Gerakan Pramuka se-Dunia (Scout).

Kegiatan JOTA dilaksanakan menggunakan perangkat radio amatir, dengan mode CW (morse), maupun SSB, pada frekuensi tinggi (HF) pada band 40 dan 80 meter, guna mengenalkan dunia amatir radio. Sekaligus  membantu anggota Pramuka (Scout) berkomunikasi dengan sesama anggota pramuka lainnya di belahan dunia lainnya, atau dengan sesama anggota pramuka dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Untuk JOTA-JOTI nasional, menggunakan perangkat radio amatir. Sedangkan untuk kegiatan Jamboree On The Internet (JOTI), adalah melalui fasilitas internet. "Pada kegiatan JOTA-JOTI 2023, Kwarcab Pringsewu mendapat  tanda panggilan YH4SKJ,"imbuh Fauzi Wakil Bupati Pringsewu periode 2017-2022.(**) 

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com