Kemarau Panjang, Warga Kembali Mandi dan Mencuci di Sungai

Tanggal 23 Okt 2023 - Laporan Ardiansyah Putra - 428 Views
Suasana di sepanjang aliran Sungai Tangkas, Kampung Karangumpu, Kecamatan Blambanganumpu, Waykanan. Foto: Ardi Munthe.

MOMENTUM, Waykanan--Musim kemarau membuat banyak sumur warga kering, termasuk di sejumlah wilayah di Blambanganumpu, Kabupaten Waykanan. Bahkan, sebagian warga kini kembali ke kehidupan masa silam: Memanfaatkan air sungai untuk mandi dan mencuci pakaian.

Hal itu antara lain terlihat di Sungai Tangkas yang terletak di Jalan Pendidikan Nomor 378, Kampung Karangumpu, Kecamatan Blambanganumpu.

Pada Sabtu 21 Oktober 2023 sekitar pukul 15.12 Wib. Tampak puluhan warga, termasuk anak-anak, memenuhi sungai di beberapa tempat sungai. Mereka mandi beramai-ramai dan mencuci pakaian.

Area parkir untuk warga yang sedang mandi di Sungai Tangkas, Blambanganumpu, Waykanan.

Namun, ada juga warga yang memanfaatkan situasi itu untuk sekalian berekreasi. Sekeluarga bersama-sama mandi di sungai.

Lokasi yang mudah dijangkau dan memiliki area parkir yang cukup luas serta air sungai yang jernih. Mendorong warga untuk datang ke sungai tersebut. 

Situasi itu tampaknya juga dimanfaatkan orang mengais rezeki. Sedikitnya empat pedagang yang berjualan di dekat area parkir. Pengunjung yang datang bisa memesan kopi dan berbagai makanan ringan dengan harga yang cukup terjangkau. 

Yudha, warga setempat sebagai pengelola sekaligus pemilik lahan di sungai tersebut mengatakan, tidak mematok biaya bagi warga yang hendak mandi dan mencuci pakaian. 

"Warga yang datang tidak kita pungut biaya mas, ini gratis parkir juga saya tidak mematok besarannya, ada yang memberi ya saya terima tidak dibayar juga ya engga apa-apa," kata Yudha, saat ditemui di Sungai Tangkas, Sabtu (21-10). 

Dia menjelaskan, sungai tersebut mulai ramai dikunjungi oleh warga sejak Agustus 2023 ketika musim kemarau mulai melanda. 

"Tempat ini mulai ramai sekitar bulan Agustus 2023 kemarin mas, awal-awal kemarau banyak warga yang datang, apalagi kalau hari libur seperti hari ini dan besok di hari Minggu tambah ramai," jelas dia.

Di pinggir Sungai Tangkas juga disediakan fasilitas kamar ganti untuk pengunjung setelah bermain air.

Bulan (35), pengunjung dari Kampung Sangkaranbahkti, kecamatan setempat mengatakan, mengatahui Sungai Tangkas dari unggahan rekannya di sosial media (Sosmed). 

"Saya tahu Sungai Tangkas dari teman-teman yang memposting di Facebook (sosmed). Tempatnya bagus, bersih dan sejuk. Saya sengaja datang sama keluraga ke Sungai Tangkas karena kebetulan di rumah air juga kering," ucap Bulan. 

Bulan menjelaskan, untuk menuju ke Sungai tersebut juga aksesnya sangat mudah karena berada dipinggir jalan. 

"Dari Jalan Lintas Sumatera itu engga jauh cuma butuh waktu sekitar delapan menit. Jalannya juga bagus, mobil bisa masuk dan parkirannya luas," jelas dia. 

Dia menambahkan, di Sungai Tangkas pengunjung yang mempunyai anak kecil juga bisa ikut berendam karena memiliki beberapa titik yang dangkal. 

"Anak kecil bisa berendam juga, airnya tidak begitu deras arusnya, banyak yang dangkal. Ada juga yang dalam tapi itu untuk tempat mandi orang dewasa," tambahnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


Hingga H-3 Lebaran, 17.593 Pemudik Tiba di Ba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hingga H-3 lebaran, 17 penumpang tiba di ...


DK PWI Pusat: Bantuan BUMN untuk UKW Harus Di ...

MOMENTUM, Jakarta -- Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Te ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com