Bulan Gemar Membaca, Walikota Metro: Membaca Memperluas Pengetahuan

Tanggal 26 Okt 2023 - Laporan Harianmomentum.com - 345 Views
Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin memberikan hadiah pemenangnya lomba di acara hari kunjung perpustakaan.

MOMENTUM, Metro--Dengan banyak membaca, bisa memperluas wawasan dan pengetahuan. Dengan banyak membaca pula, dapat menggali potensi yang dimiliki generasi milenial saat ini.

Begitulah ungkapan yang disampaikan Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin saat memberikan sambutan dalam acara Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah setempat, Kamis (26-10-2023). 

"Perpustakaan di era digitalisasi tidak hanya menjadi tempat kegiatan baca tulis namun bisa juga sebagai wadah dalam mencari solusi permasalahan hidup di masyarakat untuk mewujudkan sebuah produk atau karya guna meningkat taraf ekonomi masyarakat dan menjadikan Perpustakaan sebagai katalisator perubahan budaya," kata Walikota.

Walikota mengajak seluruh masyarakat di Kota Metro untuk rajin membaca. "Kita luangkan waktu untuk membaca buku-buku yang tersedia di Perpustakaan. Manfaatnya sangat baik sekali untuk masa deoan," tambahnya.


Wakil Walikota, Qomaru Zaman menyerahkan hadiah pemenang lomba di hari kunjung perpustakaan..

Walikota menjelaskan, peringatan Hari Kunjung Perpustakaan merupakan sebuah komitmen bersama antara pemerintah beserta masyarakat Indonesia untuk menggerakkan produktivitas, kemampuan, serta cita-cita bangsa melalui kegiatan membaca.

Menurut Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang menyebutkan bahwa perpustakaan diselenggarakan berdasarkan asas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan, keprofesionalan, keterbukaan, ke terukuran dan kemitraan merupakan kata kunci dalam pengembangan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. 

"Dalam hal ini Perpustakaan berperan bukan hanya sebagai pusat informasi, melainkan tempat yang mendukung sebagai sarana transformasi dengan berfokus pada pengembangan diri sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat guna mendukung terwujudnya Generasi Emas Metro Cemerlang (GEMERLANG) di Kota Metro," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dikenal meriahkan dengan perlombaan bercerita, Pidato Bahasa Lampung serta Menulis Cerpen, Story Telling, Pameran Literasi karya SD, SMP sampai SMA se-Kota Metro.

Kemudian acara dilanjutkan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba, dan juga melounching buku karya tulis siswa siswi SMP yang mengikuti kelas menulis di Dispusarda Kota Metro yang berjudul tamsil masa lalu.(Adv)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


Mahasiswa Asing IIB Darmajaya Belajar Bahasa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam meningkatkan pemahaman dan penguas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com