Pokdarwis Diminta Perhatikan Keselamatan Wisatawan

Tanggal 31 Okt 2023 - Laporan Rifat Arif. - 1306 Views
Pelatihan Dispar Pesawaran bagi pengelola desa wisata di Hotel Spark Lite, Bandarlampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Jaminan keselamatan bagi wisatawan di lokasi desa wisata menjadi fokus perhatian Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pesawaran.

Karena itu, Dispar Pesawaran menggelar pelatihan bertajuk Pelatihan Keamanan dan Keselamatan Daya Tarik Wisata untuk membekali kemampuan dasar keselamatan bagi sejumlah pengelola wisata desa yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Pelatihan yang dihadiri puluhan anggota pokdarwis itu berlangsung di Hotel Spark Lite, Bandarlampung, Selasa (31-10) hingga Rabu (1-11-2023).

Kepala Dispar Pesawaran, Anggun Saputra menekankan pentingnya peningkatan pengetahuan keamanan dan keselamatan bagi pengelola desa wisata di wilayah setempat.

"Pembangunan pariwisata berbasis masyarakat atau comunity based tourism masih menjadi program unggulan yang kita kembangkan, karenannya kami terus mendorong peningkatan kapasitas pengelola wisata desa, salah satunya kemampuan dasar keamanan dan keselamatan," katanya.

Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata pada Dispar Pesawaran, Yudiana menyebut keselamatan wisatawan yang berkunjung ke desa wisata harus dijamin dengan menyiapkan wawasan bagi pengelola wisata yang ada. 

Hal itu bertujuan agar mengurangi potensi kecelakaan bagi pengunjung di lokasi wisata desa sekaligus memberikan pengetahuan tindakan evakuasi hingga penyelamatan wisatawan saat terjadi kecelakaan di lokasi wisata desa.

"Dengan menyiapkan wawasan yang mumpuni, maka kami berharap dapat menjamin rasa aman dan nyaman bagi wisatawan dan akan berdampak meningkatnya kunjungan," katanya.

Pelatihan dihadiri instruktur di bidang penyelamatan dan kebencanaan seperti BPBD Pesawaran serta Basarnas Lampung. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


Pesawaran Tingkatkan SDM Kuliner Wisata Desa ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran teru ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com