Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cultur Festival

Tanggal 05 Nov 2023 - Laporan Sulemy Wahyu. - 1237 Views
Puluhan grup nyambai yang ada di Lampung Barat bertatung dalam Pesagi Cultur Festival 2023.

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cultur Festival 2023 di Pancasila Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat pada Ahad (5-11-2023).

Kegiatan itu diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Barat bekerja sama dengan Dewan Pengawas Kesenian setempat.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disdikbud Lampugn Barat, Riadi Ardianto mengatakan kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari seluruh komunitas dan pelaku senibudaya yang berada di Lampung Barat.

"Kemudian bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat dan didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Risert Teknologi Republik Indonesia," jelasnya saat membuka perhelatan mewakili Kepala Disdikbud, Bulki. 

Riadi mengatakan, sebelumnya telah didahului dengan kegiatan lokakarya berupa pembekalan kepada pelaku seni agar dapat membuat festival yang memenuhi kriteria.

Lalu dirinya menjelaskan alasan kegiatan tersebut bertajuk "the spirit of nyambai" ialah mengingat nyambai merupakan budaya yang sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat Kabupaten Lampung Barat baik sastra lisan maupun gerak dan musiknya sudah menjadi satu kesatuan identitas bagi masyarakat.

"Selain itu nyambai saat ini sudah menajdi salah satu warisan budaya di Indonesia," kata dia.

Dengan digelarnya kegiatan tersebut ia berharap ke depannya dapat menggali kembali tradisi tradisi dan budaya lainnya di Lampung Barat.

Kemudian ia membeberkan lomba nyambai yang diikuti oleh kategori umur, pelajar dan segata pantun bersaut  tersebut akan berlangsung pada 5- 6 November.

"Selain digelar lomba nyambai pada pada siang hari, pada malam harinya (malam senin) akan di gelar juga pegelaran Kelasa Muloh yang akan menampilkan budaya tradisional khas Lampung Barat mulai dari musik tradisional gambus, tari-tarian hingga pelantikan Dewan Pengawas Budaya Lampung Barat," ujarnya.

"Malam puncak akan berlangsung pada malam selasa, sekaligus dilakukan pembagian hadiah pemenang lomba," pungkasnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Kontes Bonsai HUT Tubaba, Bonsai Serut dari B ...

MOMENTUM, Panaragan--Bonsai serut milik Supriyadi Alfian dari Ban ...


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com