Satlantas Sosialisasi Keselamatan Berkendara di SMK Yadika

Tanggal 08 Nov 2023 - Laporan Joko Sulistyo. - 188 Views
Satlantas Polres Pringsewu sosialisasi keselamatan berkendara di SMK Yadika Pagelaran, Kabupaten Pringsewu.

MOMENTUM, Pringsewu -- Satlantas Polres Pringsewu melakukan sosialisasi keselamatan berkendara atau safety riding kepada pelajar SMK Yadika di Pagelaran, Pringsewu, pada Rabu (8-11-2023).

Sosialisasi bertujuan meningkatkan kedisiplinan dan keselamatan berkendara para pelajar. Berlangsung di halaman sekolah bersangkutan, diikuti ratusan pelajar setempat.

Kasat Lantas Polres Pringsewu, AKP Khoirul Bahri menjelaskan, selama kegiatan, para siswa diajak mengikuti serangkaian pelatihan dan simulasi berkendara yang aman, diawali dengan penyuluhan tentang pentingnya pemahaman aturan lalu lintas dan keterampilan berkendara yang baik sejak usia dini.

Mereka juga diberikan penjelasan mengenai penggunaan helm, tata cara berkendara yang benar, serta pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas. 

Selain itu, para siswa juga diberikan pengalaman langsung dalam menggunakan alat keselamatan berkendara, seperti sabuk pengaman dan pelindung siku.

Dia berharap melalui kegiatan tersebut para siswa dapat lebih memahami betapa pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. "Mereka adalah generasi penerus bangsa. Maka dengan memberikan pemahaman sejak dini, diharapkan mereka akan menjadi pengemudi yang bertanggung jawab dan mematuhi aturan lalu lintas,"harap Khoirul Bahri.

Menurutnya, kegiatan itu  melibatkan tenaga instruktur yang berkompeten dalam bidang safety riding. Mereka memberikan panduan langsung kepada siswa dalam melakukan latihan berkendara di area yang telah disiapkan. 

Selain itu, dilakukan juga sesi tanya jawab, di mana siswa dapat mengajukan pertanyaan terkait aturan lalu lintas dan keselamatan berkendara.

"Kegiatan safety riding ini diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam menciptakan budaya keselamatan berkendara di kalangan generasi muda sekaligus upaya menekan tingginya angka pelanggaran dan kecelakaan yang melibatkan pelajar diwilayah tersebut,"tegas Kasat Lantas Polres Pringsewu.

Sementara Kepala SMK Yadika Pagelaran Kabupaten Pringsewu Boy Adriansyah mengapresiasi inisiatif dari kepolisian yang peduli terhadap keselamatan para pelajar. 

Menurutnya, kegiatan tersebut tidak hanya memberikan pemahaman tentang aturan lalu lintas, tetapi juga menjadi investasi positif dalam membentuk karakter siswa dalam hal bertanggung jawab di jalan raya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini, para siswa dapat lebih sadar akan pentingnya mentaati peraturan lalu lintas, menggunakan helm, dan menjaga disiplin saat berlalu lintas.

"Saya berharap kegiatan ini juga dapat memberikan edukasi tentang pentingnya berkendara dengan bijak dan memahami risiko-risiko yang mungkin terjadi di jalan,"ucap Boy Adriansyah. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com