Kearifan Budaya Lokal Jadi Ikon Festival Wisata Pesawaran

Tanggal 15 Nov 2023 - Laporan Rifat Arif - 2337 Views

MOMENTUM, Gedongtataan--Kearifan budaya lokal atau local wisdom yang dipadu dengan musik serta panorama pesisir pantai bakal menjadi pengalaman berbeda bagi wisatawan yang hadir dalam Festival Wisata Pesawaran. Even promosi wisata itu akan Sabtu, 18 November 2023 di Pantai Ketapang, Desa Batumenyan, Kecamatan Padangcermin. Festival bertema culture celebrate itu digadang-gadang mampu menggaet lebih dari seribu wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran Anggun Saputra mengatakan, optimistis gelaran festival itu mampu menjadi magnet bagi wisatawan untuk lebih mengenal potensi wisata di kabupaten setempat.

"Kami menerapkan konsep berbeda pada festival kali ini. Sebelumnya mengunakan nama Festival Pahawang. Tahun ini, kita perluas skalanya dengan menggunakan nama Festival Wisata Pesawaran," kata Anggun pada Harianmomentum.com, Rabu (15-11-2023).

Perubahan nama tersebut bukan tanpa alasan. Anggun menyebut, perubahan nama itu diharapkan  berdampak pada promosi potensi destinasi wisata lain, selain Pulau Pahawang.

"Sebelumnya kami sudah tujuh kali menggelar Festival Pahawang, bahkan sempat mendatangkan Menparekraf Sandiaga Uno. Nah, tahun ini kita mencoba hal yang berbeda," terangnya.

Menurut dia, perbadaan konsep penyelenggaraan festival tersebut, antara lain: melibatkan Muli Mekhanai Lampung dalam promosi di berbagai platfrom media sosial, menyediakan genre musik kekinian bagi kawula muda, serta menyediakan paket wisata selain pertunjukan musik dan pentas budaya.

"Festival akan digelar selama sehari penuh. Kami sediakan stand berbagai jenis kuliner. Kemudian pertunjukan seni budaya lokal, seperti tarian ritual ruwat laut, parade kapal serta pertunjukan gitar tunggal," ungkapnya. 

Untuk anak-anak muda juga ada musik DJ serta berbagai pertunjukan lain. Bagi masyarakat yang ingin mengakses informasi terkait Gestival Wisata Pesawaran, selengkapnya bisa dilihat melalui www.festivalwisatapesawaran.com. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


Pesawaran Tingkatkan SDM Kuliner Wisata Desa ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran teru ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com