Rektor UIN RIL Kukuhkan Wisudawan di Hari Guru Nasional

Tanggal 26 Nov 2023 - Laporan Wawan/rls - 389 Views
Wisuda Periode V UIN Raden Intan Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD kukuhkan 1100 wisudawan pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode V Tahun 2023, Sabtu (25-11-2023).

Jumlah tersebut terdiri dari 1038 wisudawan Sarjana (S1), 58 wisudawan magister (S2), dan 7 wisudawan program doktor (S3) yang berasal dari 42 Program Studi di lingkungan UIN Raden Intan Lampung.

Acara ini dibuka oleh Ketua Senat UIN RIL Prof Dr Idham Kholid MAg yang berlangsung sepenuhnya secara luring yang terbagi menjadi dua sesi yakni pagi dan siang di Gedung Serba Guna kampus setempat dan disiarkan secara Live di platform Youtube UIN RIL.

“Alhamdulillah selamat untuk ananda semua, hari ini bertepatan dengan Hari Guru Nasional, kita semua bisa menjadi seperti ini bahkan mencapai keberhasilan dan sukses untuk masa depan yang gemilang. Itu semua tidak bisa terlepas dari peran guru-guru kita,” ucap Rektor saat menyampaikan sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor mengajak untuk mendoakan para guru dan juga para syuhada yang sedang berjuang di tanah Palestina.

“Mari kita menghadiahkan fatihah, untuk para syuhada saudara-saudara kita dalam memerdekakan daerah Palestina. Serta teruntuk para dosen dan guru besar yang telah mentransformasikan nilai-nilai kebaikan dan ilmu pengetahuannya selama di dunia,” ajaknya.

Lagu Man Ana pun dilantunkan oleh Rektor bersama para wisudawan dan orang tua wisudawan yang hadir seraya memperingati Hari Guru Nasional.

Rektor juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pengurus Dharma Wanita Persatuan UIN RIL beserta keluarga besar UIN RIL yang telah berhasil menghimpun dana donasi terbesar di kalangan perguruan tinggi se-Indonesia untuk Palestina, yakni sebesar Rp128.095.000.

“Sekali lagi kami mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan- wisudawati. Anda menjadi sarjana, magister dan doktor pilihan dan istimewa dalam wisuda saat ini. Kepada para orang tua dan wali wisudawan/wisudawati kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan Bapak/Ibu dalam menitipkan putra putrinya untuk menggali ilmu dan nilai-nilai kehidupan yang baik di kampus ini,” tandas Rektor.

Adapun program sarjana terbagi atas Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) 445 wisudawan, Fakultas Syariah (FS) 180 wisudawan, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) 90 wisudawan, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) 154 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 162 wisudawan, serta Fakultas Adab (FA) 4 wisudawan.

Wisudawan terbaik universitas atas nama Siti Nila Sari dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dengan IPK 3,96. Wisudawan terbaik untuk program doktor atas nama Rukimin dari prodi S3 MPI dengan IPK 3,69. Lalu program magister atas nama Irham Fajriansyah dari S2 Pendidikan Agama Islam dengan IPK 3,95.

Kemudian wisudawan terbaik dari tiap fakultas yakni FTK atas nama Siti Nila Sari dari Prodi MPI dengan IPK 3,96.; FS atas nama Abdafi Mahja dari prodi Hukum Tatanegara dengan IPK 3,89; FUSA atas nama Femy Permatasari dari prodi Psikologi Islam dengan IPK 3,82; FDIK atas nama Reni Astuti dari prodi Manajemen Dakwah dengan IPK 3,87; FEBI atas nama Titis Uswatun Hasanah dari prodi Akuntansi Syariah dengan IPK 3,87.

Di samping wisudawan terbaik, terdapat juga skripsi, tesis, dan disertasi terbaik. Disertasi terbaik diraih oleh Ridho Rafika dengan judul Optimalisasi Peran Babinkamtibmas Melalui Gerakan Berbasis Masyarakat dalam Perspektif Pemberdayaan Masyarakat Islam di Kabupaten Lampung Selatan.

Tesis terbaik atas nama Muhammad Sufian dengan judul Tatwiiru Wasail Al Muta’addadah At Tafa’uliyah Ala Asas Mit Appinventor Fii Ta’limi Al Lughah Al Arabiyyah lil Tulabi Al Madrasah At Tsanawiyyah. Skripsi terbaik atas nama Fitria Ningsih dengan judul Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko, Literasi Keuangan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet dalam Perspektif Bisnis Islam (Studi pada Penggunaan Ovo di Bandarlampung).(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


Gelar Konferensi Internasional, Fakultas Syar ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Fakultas Syariah Universitas Islam Nege ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com