Internasionalisasi Akademik, FEBI UIN RIL Gencar Gelar Guest Lecture

Tanggal 26 Nov 2023 - Laporan Wawan/rls - 271 Views
Rektor UIN RIL Prof Wan Jamaluddin saat memberikan sambutan pada guest lecturei FEBI

MOMENTUM, Bandarlampung--Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) terus gencar melakukan kegiatan internasionalisasi akademik dengan mengundang akademisi dari luar negeri.

Bertempat di Ruang Teater Lt.2 Gedung Academic & Research Center UIN RIL, Jumat (24-11-2023) sejumlah mahasiswa FEBI memadati ruangan dengan antusias untuk menyimak materi tiga profesor dari Malaysia dan Filipina.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini yaitu Prof Dr Ubaidullah Mustaffa (Dekan Iqra & Business University Geomatika Malaysia); Prof Dr Anwar M Radiamoda (Direktur Sharia Center Mindanao State University, Filipina); dan Prof Ts Dr Ong Huei Ruey (Senior Dean Institute of Academic DRB-HICOM University of Automotive Malaysia). 

Kehadiran para narasumber ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman mendalam kepada mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung terkait perkembangan terkini dalam bidang ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam di tingkat internasional. Guest Lecture kali ini bertema Global Islamic Finance: Current Trends and Future Prospect.

Rektor UIN RIL Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD membuka acara secara resmi dan menyambut baik para narasumber. Rektor menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi visi internasionalisasi UIN Raden Intan Lampung.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menumbuhkembangkan UIN Raden Intan Lampung. Kita harus mendesain agar terus mendapatkan rekognisi dari dunia internasional dan tentu akan bermanfaat bagi kampus kita terutama dalam hal akreditasi,” ujarnya.

Masing-masing narasumber secara bergantian memberikan materi kepada para dosen dan mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung yang antusias memadati ruangan. Kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para narasumber level internasional menjadi momen berharga bagi peserta untuk memperluas wawasan dan meningkatkan pemahaman terkait isu-isu ekonomi dan bisnis Islam secara global.

Pemaparan pertama disampaikan Prof Dr Ubaidullah Mustaffa yang membahas Research Methodology on Islamic Business: A Scientific Approach to Understanding Islamic Business Principles for Sustainability and Ethical Practices.

Dia menjelaskan, research methodology bermula pada pemilihan judul riset yang baik. Harus mengandung beberapa kata dalam sebuah kalimat yang spesifik, seperti variabel dan setting. 

Kemudian Prof Dr Anwar M Radiamoda memberikan materi mengenai Islamic Principles of Business. Dalam paparannya, ia menekankan nilai-nilai keislaman dalam berbisnis. Bisnis harus memiliki sikap honest dan truthful manner. Bisnis yang baik itu dilakukan dengan tangan sendiri, tanpa menipu, riba dan sikap buruk lainnya, ujarnya. 

Prof Ts Dr Ong Huei Ruey berbagi wawasan dan pengalamannya dengan membawakan materi Student Employability: Challenges & Potential Solutions. Ia menyebutkan tantangan ketenagakerjaan bagi lulusan universitas, seperti pengangguran/tidak bekerja, bekerja tidak sesuai dengan jurusan, sulitnya menemukan pekerjaan, keahlian dalam bekerja rendah. Hal itu dapat ditanggulangi dengan beberapa solusi berpotensi diantaranya, alignment with industry needs, skill development programs, industry-integrated programs, continuous education evaluation.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com