Menuju Indeks Scopus I, UIN RIL Beri Pendampingan dan Pembinaan untuk Pengelola Jurnal

Tanggal 28 Nov 2023 - Laporan Wawan/rls - 232 Views
Kegiatan Asistensi Jurnal UIN Raden Intan Lampung Menuju Indeks Scopus I

MOMENTUM, Bandarlampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Pusat HKI, Paten, dan Publikasi Ilmiah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) menggelar kegiatan Asistensi Jurnal UIN Raden Intan Lampung Menuju Indeks Scopus I. Kegiatan berlangsung di Meeting Room Lt.1 Gedung Academic & Research Center selama tiga hari pada Rabu-Jum’at (22-24/11/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh 20 orang pengelola jurnal UIN RIL ini bertujuan untuk melakukan pendampingan atas pengelolaan jurnal terkait dengan aspek manajemen penerbitan, proses review artikel, pembagian peran editor dan reviewer serta beberapa aspek lainnya.

Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z Mag PhD dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada penyelenggara kegiatan. “Selain mengajar dan melakukan pengabdian kepada masyarakat, tri dharma perguruan tinggi yang lain adalah penelitian. Jangan sampai publikasi artikel sebagai output dari pelaksanaan penelitian, tidak dikelola dengan baik,” ucapnya.

Maka, lanjutnya, “layanan asistensi indeksasi jurnal ini diharapkan mempercepat menuju Indeks Scopus I”.

Scopus merupakan lembaga internasional yang memberi indeksasi dan pengakuan serta penilaian akademik terhadap mutu jurnal seluruh dunia. “Kerja keras dan kebersamaan dari seluruh pengelola jurnal, insya Allah menjadikan jurnal UIN RIL terindeks scopus I segera terwujud,” tandasnya.

Prof Wan juga menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas hadirnya tim asistensi yang terdiri dari Prof Zulkifli Bin Mohd Yusoff dan Prof Mohd Roslan Bin Mohd Nor dari Universiti Malaya, Malaysia.

Pelaksanaan asistensi ini merupakan bukti bahwa jalinan kerjasama antara UIN RIL dengan Universitas Malaya, Malaysia cukup kuat. Sebelumnya, UIN Raden Intan dan Universiti Malaya juga telah menandatangani Letter of Intent (LoI) yang nantinya akan dilanjutkan pada tingkat penandatanganan MoU. Berbagai kegiatan akademik seperti guest lecturer, international seminar, dan international conference telah banyak dilakukan oleh fakultas dan prodi di lingkungan UIN RIL dengan menghadirkan pembicara dari Universiti Malaya, Malaysia.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com