Wujudkan Digitalisasi Kampus, UIN RIL Sosialisasikan Penerapan Aplikasi 'SISTER'

Tanggal 29 Nov 2023 - Laporan Wawan/rls - 232 Views
Rektor Prof Wan saat membuka sosialisasi SISTER

MOMENTUM, Bandarlampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) menggelar sosialisasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER), Kamis (23-11-2023).

Layanan Perubahan Data Dosen (PDD) FORLAP Dikti ke PDD SISTER merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Nomor 3/D.D2/D1.02/2019 dengan tujuan untuk untuk mempermudah, mempercepat, dan mensinergikan serdos dan PAK dosen ke depannya. 

“Menarik bagi saya, karena kita terbuka dan terus mengikuti terobosan baru yang ada di negara kita. Maka harus kita tekuni jika kita ingin duduk sejajar dengan perguruan tinggi yang lebih maju di tanah air kita, bahkan di mancanegara,” ucap Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD pada saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi SISTER.

Rektor mengatakan, hal ini juga sesuai dengan salah satu program utama UIN RIL yakni digitalisasi. Di era digital ini, penggunaan teknologi informasi menjadi suatu keharusan untuk menuju universitas yang lebih maju dan unggul. Tentunya dengan insan-insan terdidik dan melek teknologi, lanjutnya, akan terakselerasi  dan mengadaptasi sistem informasi terintegrasi yang sudah diberlakukan Kemendikbud Ristekdikti RI.

“Sesuai mandat Direktur Diktis dan Direktur Pendis Kemenag RI, UIN Raden Intan Lampung agar dapat melakukan reakreditasi institusi pada 2024. Aplikasi SISTER menjadi sangat relevan untuk semakin memberikan gambaran siapnya reakreditasi UIN Raden Intan Lampung tahun 2024,” ungkap Rektor.

Sister adalah aplikasi yang dirancang oleh Dikti untuk dosen mengelola data portofolio, perubahan data dosen dan proses yang terkait kepangkatan/karir dosen, dimana setiap dosen di perguruan tinggi wajib mendaftar di Sister Dikti, tujuannya untuk mendata semua dosen.

Peserta sosialisasi terdiri dari 150 dosen dengan tugas tambahan di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. Kegiatan sosialisasi diisi dengan narasumber Dosen Informatika Universitas Lampung (Unila) dan bagian admin pengelola SISTER, Mahendra Pratama ST MEng.  

Mahendra menjelaskan, setiap dosen di perguruan tinggi wajib mendaftar di SISTER Dikti dengan tujuan untuk mendata semua dosen.  SISTER juga mendukung inovasi Informasi yang akurat terhadap kinerja dosen, sekaligus mempermudah dan mempercepat pelaporan kinerja dosen yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan data. Penggunaan SISTER juga dapat mengoptimalkan pengelolaan data, pengarsipan, dan pelacakan aktivitas akademik oleh semua dosen di lingkungan UIN RIL.

Plt Ketua LPM UIN RIL Bambang Irfani MPd PhD mengatakan, sosialisasi ini menjadi kebutuhan yang sangat urgent, sebab seluruh data kinerja tridharma dosen terintegrasi dalam satu wadah portofolio yang akan mempengaruhi perkembangan karir, kemutakhiran data dosen, penilaian BKD, dan penilaian PAK dosen.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Cegah Kejahatan Seksual, LPA Lamteng Minta Se ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com