BI Dorong Penguatan Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional

Tanggal 30 Nov 2023 - Laporan Wawan/rls - 203 Views
Deputi BI Lampung Irfan Farulian./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Indonesia menyelenggarakan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 yang digelar secara hybrid di Jakarta, 29 November 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka penyampaian prospek perekonomian ke depan serta pemberian penghargaan kepada stakeholders strategis yang mendukung Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi di Indonesia dan kebangkitan nasional.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan di tengah pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat dengan ketidakpastian yang tinggi, ekonomi Indonesia tetap berdaya tahan dan terus menunjukkan prospek yang baik.

Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi dapat mencapai kisaran 4,7-5,5 persen pada 2024 dan inflasi akan tetap terkendali dalam rentang sasaran 2,5±1 persen pada 2024 dan 2025 didukung konsistensi kebijakan moneter, kebijakan fiskal, dan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

“Untuk itu sinergi sebagai kunci dari prospek kinerja ekonomi Indonesia dalam melanjutkan ketahanan dan kebangkitan ekonomi terus diperkuat,” kata dia melalui keterangan tertulis, Kamis (30-11-2023).

Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan, ucapan terima kasih atas sinergi yang telah terbangun sehingga proses pemulihan ekonomi berjalan dengan baik dan perekonomian Indonesia dalam kondisi stabil.

Ke depan, Presiden Joko Widodo berpesan pentingnya kita untuk terus optimis namun tetap waspada untuk ketahanan dan kebangkitan ekonomi nasional.

Untuk menopang momentum perekonomian yang berkelanjutan, strategi hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah merupakan penggerak perekonomian nasional.

Skala regional, Bank Indonesia Perwakilan Lampung juga menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Perwakilan BI Lampung ini merupakan momen untuk menyampaikan pemaparan perekonomian provinsi setempat selama tahun 2023 serta prospek perekonomian ke depan.

Pada rangkaian kegiatan tersebut, BI Lampung memberikan penghargaan “Sakai Sambayan Bumi Lampung” kepada 12 stakeholders yang meliputi: Instansi, Perbankan, Perusahaan/ UMKM, Pondok Pesantren, dan Media (lampiran) sebagai apresiasi atas seluruh dukungan dalam mengendalikan inflasi, menjaga Stabilitas Sistem Keuangan, serta mendorong adopsi Sistem Pembayaran selama tahun 2023.

“Penghargaan ini merefleksikan jalinan sinergi antara BI dan stakeholders di daerah dalam bergotong royong membangun Provinsi Lampung,” tutup Deputi BI Lampung Irfan Farulian.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Komitmen Bayar SHT! PTPN I Tetap Erat Bergand ...

MOMENTUM, Jakarta--Peningkatan kinerja hingga kontribusi kepada n ...


BI Maksimalkan Penggunaan QRIS di Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung ...


BI: Ekonomi Lampung Triwulan I 2024 Tumbuh Me ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kinerja perekonomian Provinsi Lampung pa ...


Dukung Hilirisasi Energi, PGN Suplai Gas Bumi ...

MOMENTUM, Gresik – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengoptim ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com