Kendalikan dan Tingkatkan Mutu Pendidikan, UIN RIL Selenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)

Tanggal 03 Des 2023 - Laporan Wawan/rls - 204 Views
Penyerahan Hasil Rapat Tinjauan Manajemen kepada Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z, MAg PhD.

MOMENTUM, Bandarlampung--Merujuk pada visi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL), Permenristekdikti Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan, dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), UIN RIL melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) selenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM).

Rapat yang membahas dan mengevaluasi kinerja organisasi secara menyeluruh dalam rangka mengendalikan dan meningkatkan mutu pendidikan secara berencana dan berkelanjutan diselenggarakan di Grand Elty Kalianda pada Kamis-Sabtu (30/11-02/12/2023).

Rapat diawali dengan review hasil Audit Mutu Internal (AMI), Survey serta Tracer Study yang telah dilaksanakan beberapa bulan sebelumnya.

Rapat ini memastikan bahwa hasil temuan lapangan Audit Mutu Internal (AMI), Survey serta Tracer Study ditindaklanjuti oleh masing-masing program studi dan unit-unit terkait. “Rapat ini akan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta membuat rekomendasi peningkatan mutu secara berkelanjutan” tutur Bambang Irvani, MPd PhD selaku Plh. Ketua LPM yang juga penyelenggara kegiatan.

Rapat berlangsung cukup hidmat dan penuh kebersamaan. Peserta rapat yang terdiri dari Rektor dan para Wakil Rektor, Kepala Biro, Dekan dan para Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana dan Wakil Direktur, Ketua Lembaga, Kepala Pusat, Kepala UPT, Kabag dan Kasubag serta Koordinator mendiskusikan secara detil seluruh temuan AMI baik kategori mayor maupun minor.

Tidak kalah penting dalam rapat ini hadir juga Ketua Senat Prof Dr Idham Kholid MAg, Ketua Komisi Akademik Senat Prof Dr Agus Pahrudin MPd serta Ketua dan Sekretaris Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Fakultas dan Pascasarjana.

Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD dalam arahannya menekankan bahwa kecakapan yang paling dibutuhkan saat ini adalah kesiapan beradaptasi serta bijak menghadapi tantangan yang ada.  “Kemampuan mendeteksi dini dan melakukan mitigasi secara obyektif, mau kemana dan mau melakukan apa, menjadi tanggung jawab kita bersama”, ujarnya.  

Untuk itu, tambahnya “Mari bangun kesadaran bersama, wujudkan harmoni kelola seluruh potensi dinamis yang ada dalam menghadapi pihak eksternal yang berpacu luar biasa cepat”.

Rapat diakhiri dengan pembacaan Rumusan Hasil Rapat Tinjauan Manajemen oleh Ketua Tim Perumus yaitu Prof Dr Syafrimen, MEd PhD.

Rumusan hasil memuat Latar Belakang, Tujuan Sasaran dan Manfaat RTM, Pokok-Pokok Pikiran dan Rekomendasi. Diantara rekomendasinya adalah semua unit kerja harus bersinergi untuk melakukan pembenahan mutu secara berkelanjutan dalam rangka  mewujudkan visi besar UIN RIL. (**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com