UIN RIL Abadikan Nama KH Ahmad Hanafiah Jadi Nama Gedung

Tanggal 09 Des 2023 - Laporan Wawan/rls - 248 Views

MOMENTUM, Bandarlampung - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) akan mengabadikan nama Pahlawan Nasional, KH Ahmad Hanafiah sebagai nama gedung di lingkungan kampus hijau itu.

Hal tersebut dikatakan Koordinator Humas UIN Raden Intan, Anis Handayani kepada wartawan, Jumat (08-12-2023).

Menurut Anis pengabadian nama KH Ahmad Hanafiah menjadi nama gedung di UIN Raden Intan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan nasional itu sekaligus menghormati perjuangannya.

"Saat ini masih dimusyawarahkan gedung mana yang akan diberi nama KH Ahmad Hanafiah. Ada dua gedung, apakah GSG atau Ballroom," kata dia.

Diketahui, Presiden RI menetapkan KH Ahmad Hanafiah sebagai Pahlawan Nasional ke II dari Lampung setelah Raden Intan.

KH Ahmad Hanafiah merupakan seorang pejuang kemerdekaan sekaligus ulama yang memiliki pengaruh dari Kota Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Ia lahir pada 1905 di di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Tengah.

Wilayah tersebut kini telah dimekarkan menjadi Kabupaten Lampung Timur. KH Ahmad Hanafiah merupakan putra sulung KH Muhammad Nur, yakni pimpinan Pondok Pesantren Istishodiyah di Sukadana. Pondok pesantren tersebut menjadi pondok pesantren pertama di Provinsi Lampung.

KH Ahmad Hanafiah pernah mengenyam pendidikan pemerintahan di daerahnya, Sukadana. Semasa hidupnya ia berjuang melawan mempertahankan negara Indonesia dari penjajah. 

Dalam hal pendidikan ia belajar agama Islam dari ayahnya. Selain itu ia juga pernah belajar di sejumlah pondok pesantren di luar negeri, seperti di Malaysia dan Mekah maupun Madinah. Semenjak umur lima tahun, KH Ahmad Hanafiah sudah khatam membaca al-Qur'an.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Kelanta Negeri Jiran, ia memutuskan menuntut ilmu ke Mekah. Namun tak langsung sampai di Mekah, ia singgah terlebih dahulu di India dan mendalami ilmu tarekat. Sebagai pejuang ia telah menunjukkan sifat kepemimpinannya sejak belia.

Saat belajar di Tanah Suci ia menjadi Ketua Himpunan Pelajar Islam Lampung di kota Melah, Arab Saudi, selama dua tahun. Di Mekah ia tak hanya kuliah, tetapi juga mengajar ilmu pengetahuan agama Islam di Masjidil Haram pada 1934-1936.

Pada 1947 Agresi Belanda melancarkan serangan serentak kepada sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Sumatera Selatan. Saat itu, Belanda mulai menyerang Lampung yang menjadi bagian dari Karesidenan Sumatera Selatan melalui jalur darat dari Palembang. Awalnya kesatuan TNI sempat melakukna perlawanan, meskipun akhirnya Kota Baturaja dapat dikuasai Belanda.

Tak hanya TNI perlawanan Indonesia juga dilakukan laskar rakyat tergabung dalam barisan Hizbullah dan Sabilillah yang bersenjatakan golok. Rencana TNI dan Laskar Hizbullah untuk menyerang Baturaja telah dibocorkan mata-mata, sehingga personel TNI mundur ke Martapura. Sedangkan pasukan Laskar Hizbullah yang tengah beristirahat di Kemarung disergap Belanda dan terjadilah pertempuran hebat

Kegagalan penyerangan tersebut membuat banyak anggota Laskar Hizbullah gugur dan tertawan. Sementara KH Ahmad Hanafiah ditangkap hidup-hidup, kemudian dimasukan ke dalam karung dan ditenggelamkan di Sungai Ogan. Karena itu hingga sekarang makamnya tidak diketahui. (***)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Gelar Konferensi Internasional, Fakultas Syar ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Fakultas Syariah Universitas Islam Nege ...


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com