Dinas PPPA Mesuji Bimtek Ekonomi Kreatif untuk Ibu Rumah Tangga

Tanggal 30 Des 2023 - Laporan Arifin. - 324 Views
Dinas PPPA Kabupaten Mesuji saat membuka bimtek pelatihan para ibu-ibu rumah tangga.

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji menggelar Bimtek Ekonomi Kreatif yang dikuti ibu rumah tangga dalam upaya mencegah stunting. Kegiatan ini berlangsung di Desa Simpangpematang, Jumat 29 Desember 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Mesuji Sripuji Haryanti Hasibuan, mengatakan kegiatan itu diikuti 64 ibu rumah tangga dari 16 desa se-Kabupaten Mesuji.

Tujuan bimtek, agar ibu rumah tangga memiliki keterampilan yang menjadi sumber pendapatan, lebih mandiri, dan ke depan bisa menjadi pelaku usaha, kata Sripuji.

Sripuji menjelaskan, dalam peningkatan kualitas keluarga, pembangunan pemberdayaan dan perlindungan anak sangat penting. Untuk itu, pemerintah membantu melaksanakan peningkatan kualitas keluarga secara berjenjang sampai tingkat desa. Menciptakan perempuan berdaya, membantu perekonomian keluarga dan mewujudkan kesetaraan gender.

Sebelumnya Pemkab Mesuji telah menerima penghargaan Pengarusutamaan Gender berupa Parahita Ekapraya 2023. "Penghargaan ini menjadi motivasi kami mengajak ibu-ibu mengembangkan usaha baik perorangan/kelompok," katanya. 

Pada bagian lain, dia mengatakan, penyebab kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT,  adalah ketidakberdayaan kaum perempuan. "Kami berharap desa dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya perempuan dan anak," katanya.

Hadir dalam kegiatan bimtek, narasumber pelaku UMKM kecamatan Simpang Pematang, Reniyanti pemilik Azka Cakes and Catering dari Desa Simpang Mesuji, Aminah dari Tulangbawang. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pringsewu Canangkan Pembagian Sepuluh Juta Be ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu mencanangkan ...


DPRD Pringsewu Setujui KUA-PPAS 2025 ...

MOMENTUM, Pringsewu--DPRD Kabupatn Pringsewu menyetujui Kebijakan ...


Stunting di Metro Tersisa 7,1 Persen ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro benar-bernar serius untuk ...


HUT ke 17, Pesawaran Sukses Turunkan Kemiskin ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Upaya percepatan program pembangunan di b ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com