Dirut Holding PTPN III Tinjau Pabrik Minyak Makan Merah

Tanggal 02 Jan 2024 - Laporan Nurjanah/rls - 314 Views
Direktur Utama Holding PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani meninjau pabrik minyak makan merah.

MOMENTUM, Deli Serdang--Direktur Utama Holding PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani meninjau pabrik minyak makan merah Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Pagar Merbau Kecamatan Pagar Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang, Selasa (19/12/23).

Kunjungan Abdul Ghani tersebut untuk melihat proses produksi pabrik percontohan yang dikelola Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan. Untuk saat ini pabrik yang berdiri di areal Pabrik Kelapa Sawit eks PTPN 2 itu mampu memproduksi 10 ton kelapa sawit menjadi 7 ton minyak makan merah.

"Ini merupakan terobosan yang luar biasa. Sebab nantinya, setiap 1.000 hektar kelapa sawit petani pemerintah akan mendirikan 1 pabrik yang akan mengolah minyak makan merah. Ini merupakan gagasan Bapak Presiden yang diteruskan Bapak Meneg BUMN yang bertujuan meningkatkan derajat para petani. Jika selama ini mereka hanya menjual hasil kebunnya, dengan program ini mereka ikut menentukan pengelolaannya," jelas Abdul Ghani.

Meski terlihat sederhana minyak makan merah memiliki keistimewaan karena mengandung unsur vitamin A dan E yang mampu menurunkan standing bagi pertumbuhan anak. 

"Minyak makan merah  mampu berperan menurunkan tingkat stanting anak-anak khususnya di pedesaan," tambah Abdul Ghani.

Ke depan, lanjutnya, pabrik minyak makan merah juga akan memproduksi bahan-bahan kebutuhan rumah tangga lainnya, seperti sabun dan sejenisnya. Sehingga kehadirannya benar-benar bisa membawa manfaat bagi masyarakat luas.

Didamping Direktur Hubungan Antar Lembaga PalmCo Irwan Perangin-Angin, Head Regional Supporting Co PTPN 1 Affan Safiq dan sejumlah pejabat perkebunan lainnya, Abdul Ghani menyempatkan diri meninjau PPKS Pagar Merbau. (red)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kabar Gembira, RS Belleza Kedaton Kini Layani ...

MOMENTUM, Bandarlampung--'Kabar gembira bagi masyarakat Lampung. ...


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com