KPU Tanggamus Cari Anggota KPPS Cadangan

Tanggal 04 Jan 2024 - Laporan Galih/Asdijal - 294 Views
KPU Tanggamus Cari Anggota KPPS Cadangan

MOMENTUM, Kotaagung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus penuhi kuota 13.209 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024.

"Pemenuhan kuota itu tercapai sesuai tahapan pembentukan KPPS sejak 11 Desember 2023 lalu, hingga pengumuman tanggal 30 Desember 2023," kata Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Tanggamus, Amhani S, Kamis (4-1-2024).

Menurut dia, meski terpenuhi namun di beberapa TPS masih ada yang mengundurkan diri disebabkan pekerjaan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Untuk pemenuhan kekosongan anggota KPU melalui PPS sudah mengumumkan KPPS PAW atau cadangan pengganti.

"Tahapan yang sedang berjalan sekarang calon Anggota KPPS tertanggal 31 sampai 10 Januari ini prosesnya pengadministrasian mandiri ke aplikasi  SIAKBA (sistem informasi anggota KPU dan Badan Ad-hoc) secara on line," ujarnya.

Dalam hal itu, dia melanjutkan, KPU Kabupaten Tanggamus mengadakan simulasi terkait operasional link SIAKBA kepada PPK dan PPS yang akan mendampingi secara langsung di masing-masing satker PPS 302 pekon.

Masih kata Amhani, kerja pengadministrasian KPPS harus login dengan akun dan password masing-masing calon KPPS yang sudah terpilih, mendaftarkan NIK dan emailnya ke SIAKBA melalui KPU Kabupaten.

"Karenanya KPPS  pemilu 2024 diharapkan mahir dan cakap IT sebagai syarat kecakapan kerja pada TPS, karena setelah pemungutan dan penghitungan suara di TPS, KPPS akan melaporkan hasil suara dan merekap melalui aplikasi SIREKAP di tingkat TPS secara on line kepada PPS satker diatasnya," jelas Amhani saat ditemui diruang kerjanya.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Besok, Arinal Daftar Penjaringan Cagub di PAN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Petahana Gubernur Lampung Arinal Djunaid ...


Maung dan Raung, KPU Lampung Kenalkan Maskot ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


KPU Lampung Resmi Luncurkan Pilkada 2024, Mas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


Peluang Hanan-Umar di Pilgub 2024, Umar Ahmad ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Umar Ahmad, politisi yang juga ketua Bap ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com