Menteri Agama Jajal Vespa Listrik Karya Siswa MAN 2 Bandarlampung

Tanggal 06 Jan 2024 - Laporan Ikhsan Ferdiyanto/rls - 938 Views
Menag Yaqut saat menjajal motor listrik buatan siswa MAN 2 Bandarlampung. Dokumen Kemenag Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas membuka Devotion Experience (Dev-X) yang merupakan puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (5-1-2023). 

Pada pencak HAB tersebut, juga berlangsung pameran yang menyajikan sejumlah karya berbasis teknologi dari beberapa direktorat dan lembaga mitra Kemenag.

Diantara yang menarik perhatian Menag adalah dua motor vespa berwarna biru dan merah yang turut meramaikan event tersebut. 

Vesva karya siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandarlampung, itu tidak menggunakan bahan bakar bensin, namun memakai tenaga listrik.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Yaqut dan beberapa pejabat Kementerian Agama Pusat sempat menjajal vespa yang didesain untuk mendukung program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke motor listrik. 

Vespa warna biru menggunakan aki kering 12 V, 20.2 AH, dengan motor penggerak berdaya 1.500 watt.

Sementara Vespa dengan warna merah menggunakan baterai lithium-ion dengan motor berdaya 3.000 watt, setara dengan kekuatan motor Tiger. Vespa ini membutuhkan pengisian baterai bisa sampai 4 jam dan bisa menempuh jarak sekitar 100 km.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo yang hadir dan mendampingi Menag saat mencoba vespa tersebut mengatakan, itu merupakan bukti nyata bahwa siswa madrasah tidak hanya mampu dalam bidang agama. 

Namun mereka juga mampu menunjukkan kemampuan terbarukan yang mampu menjadi modal penting bagi kesuksesan hidup mereka di masa depan.

“Ini adalah bentuk pembekalan kepada para siswa madrasah yang ketika nanti lulus dari madrasah mereka memiliki kemampuan untuk pengembangan usaha,” kata Puji.

Ia berharap kreativitas ini bisa terus berkembang dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk dapat diproduksi lebih luas.

Sementara Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan (Kabalitbang Diklat) Kemenag RI Suyitno juga mengapresiasi kemampuan siswa MAN 2 Bandarlampung yang mampu menghasilkan kreativitas tinggi tersebut.

“Ini (karya motor listrik) menunjukkan bahwa anak madrasah sudah memiliki talenta di atas rata-rata,” kata dia seraya memberi nilai 90 untuk vespa listrik ini.

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo yang juga ikut mencoba vespa tersebut mengatakan bahwa tarikan kendaraan tersebut sangat baik. 

“Tunggangannya enak. Alus, tarikannya alus. Nilai 100,” ungkapnya didampingi Kabag TU Kanwil Kemenag Lampung, Marwansyah, Kabid Penmad Ahmad Rifai, dan Kepala MAN 2 Bandarlampung Nauval. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com