Unik, TKD Prabowo-Gibran Lampung Sampaikan Pesan Kampanye Lewat "Seni Bondres"

Tanggal 08 Jan 2024 - Laporan Ikhsan Ferdiyanto - 440 Views
Penampilan seni budaya Bondres Bali. Dokumen TKD Prabowo-Gibran Lampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Provinsi Lampung menyajikan keunikan dalam menyampaikan pesan kampanye melalui seni budaya. 

Yang mana, Sabtu-Minggu, 7-8 Januari 2024, mereka menggelar pertunjukan seni budaya bondres (lawak tradisional Bali) dengan mengundang seniman bondres langsung dari Pulau Dewata.

Kegiatan ini digelar di dua lokasi berbeda, yaitu Kampung Ramamurti 3, Kecamatan Seputihraman dan Kampung SB 17 Timur, Kecamatan Seputihbanyak. Setiap lokasi dihadiri oleh 1000 orang, menciptakan momen yang meriah dan bersahaja.

Menyikapi kegiatan tersebut, Juru Kampanye TKD Prabowo-Gibran provinsi Lampung, I Made Suarjaya, menyatakan pendekatan pihaknya melalui acara budaya ini adalah upaya untuk menjembatani pemahaman.

"Bondres, lawak tradisional Bali, dipilih karena orang Bali dikenal identik dengan budaya dan seni. Ini membuat pesan-pesan kami lebih mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat," terangnya, Senin (8-1-2023).

Suarjaya juga menyoroti pencapaian Presiden Jokowi di Lampung Tengah, khususnya pembangunan jalan provinsi yang memberikan dampak positif signifikan.

"Pilihan tentu bisa bermigrasi dari yang dulu mendukung Pak Jokowi. Kami yakin, warga Lampung yang senang dengan kinerja Pak Jokowi bisa merasakan hal serupa dengan Prabowo-Gibran," klaimnya.

Seniman bondres asal Bali, Cedil menekankan, pertunjukan tersebut merupakan hiburan rakyat yang mengusung nilai persatuan. 

"Kami berkolaborasi untuk seni pertunjukan bondres, menggabungkan seniman dari Bali dan Lampung. Tema utama yang diusung tetap adalah persaudaraan dan kebersamaan," tutur Cedil.

Dia juga menegaskan pesan persatuan dalam konteks kebhinekaan Indonesia. "Kita mengharapkan pemilu ini berjalan lancar dan aman. Pemimpin nanti diharapkan memahami nusantara, kebhinekaan, seni, dan budaya untuk menciptakan keselarasan di Indonesia," terangnya.

Acara seni budaya bondres ini tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga sarana bagi masyarakat Lampung untuk merayakan persatuan dalam keberagaman. 

Dengan demikian, kampanye TKD Prabowo-Gibran menjelma menjadi pengalaman positif dan membangun hubungan yang erat dengan masyarakat Lampung. (**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Pinang Tiga Parpol, Wahdi Komitmen Perjuangka ...

MOMENTUM, Metro--Setelah Partai Nasdem, Wahdi Siradjuddin kembali ...


Maju Pilkada, Mirza Punya Tiga Sponsor ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bakal calon gubernur Lampung Rahmat Mirz ...


Diiringi Pasukan Hitam dan Putih, Yanuar Iraw ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi PDI Perjuangan Lampung Yanuar I ...


Rahmat Bagja Resmikan Kantor Bawaslu Bandarla ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Baw ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com