LP2M UIN RIL—UIN Palembang Bangun Kerja Sama

Tanggal 17 Jan 2024 - Laporan Wawan/rls - 287 Views
LP2M UIN RIL—UIN Palembang Bangun Kerja Sama

MOMENTUM, Palembang-- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) jalin kerja sama dengan LP2M UIN Raden Fatah Palembang. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antar Ketua LP2M di UIN Palembang, Selasa (16-1-2023).

Ketua LP2M UIN RIL Prof Dr Kumedi Ja’far MH mengatakan, kerja sama ini penting khususnya terkait penelitian kolaborasi bagi dosen dan mahasiswa. “Kegiatan penelitian merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi bagi para dosen, sehingga penelitian merupakan suatu keniscayaan yang tidak bisa ditinggalkan,” ucapnya.

Pun bagi mahasiswa, dia melanjutkan, “penelitian merupakan sarana pembelajaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan, sehingga penelitian kolaborasi sangat diperlukan. Lebih-lebih saat akreditasi, penelitian kolaborasi dosen-mahasiswa selalu ditanyakan oleh para asesor. Dalam penelitian kolaborasi sangat diperlukan sifat-sifat kerja keras, menghargai pendapat orang lain, pengendalian diri, kesabaran dan kecerdasan emosional yang mumpuni sehingga bisa menghasilkan penelitian yang maksimal.”

Turut serta dalam kunjungan tersebut Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah serta Kepala Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN RIL. Kepala Puslit Prof Dr Yuberti MPd menambahkan, penelitian kolaborasi sangat penting karena bisa menjadi sarana melatih mahasiswa untuk melakukan penelitian.

“Kolaborasi penelitian ini dapat lebih banyak menghasilkan penelitian bagi institusi, dapat meningkatkan skor Sinta dan H-Index dosen, serta dapat melahirkan lulusan-lulusan yang melek riset,” papar Prof Yuberti.

Selain kerja sama, kunjungan ini juga untuk menyampaikan dan memberikan Dummy Book hasil penelitian akademisi UIN RIL. Diharapkan juga, kunjungan dan kerja sama tersebut dapat mendukung Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) UIN RIL menuju akreditasi unggul.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


Gelar Konferensi Internasional, Fakultas Syar ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Fakultas Syariah Universitas Islam Nege ...


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com