Bawaslu Mesuji Tangani 16 Temuan dan Pelanggaran Pemilu

Tanggal 25 Jan 2024 - Laporan Arifin. - 350 Views
Bawaslu Mesuji saat melakukan penanganan kasus Pemilu 2024.

MOMENTUM, Mesuji -- Bawaslu Kabupaten Mesuji mengangani 16 kasus dugaan pelanggaran pemilu. Salah satunya kasus yang melibatkan oknum aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Mesuji. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Mesuji Deden Cahyono, menjelaskan, dugaan pelanggaran itu merupakan temuan pada periode Desember 2023 sampai 23 Januari 2024. Pada masa awal persiapan pemilu hingga masa kampanye, terdiri dari satu temuan dan lima laporan di tingkat kabupaten dan tujuh temuan dan dua laporan di tingkat kecamatan, ucap Deden, Rabu (24-1-2024)

Menurut dia, 16 temuan dan laporan yang ditangani sembilan, sedangkan tujuh laporan tidak diregistrasi. 

Berdasarkan jenis pelanggaran terdiri dari pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu. Kemudian, pelanggaran administrasi dan dugaan pelanggaran netralitas perangkat desa. 

Dalam Undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 51 huruf (M) menyatakan bahwa perangkat desa dilarang ikut serta dan/atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum dan/atau pemilihan kepala daerah.

Selanjutnya, satu ASN yang diduga terlibat ikut berkampanye di medsos diduga telah melanggar ketentuan Pasal 2 huruf (f) UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara menyatakan bahwa Penyelenggaraan Kebijakan dan Manajemen ASN berdasarkan Asas Netralitas telah diteruskan ke Penjabat Bupati dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), ungkap Deden.

Bawaslu Mesuji mengimbau masyarakat untuk bersama-sama melakukan pencegahan pelanggaran, melalui penguatan literasi kepemiluan, kolaborasi, pengawasan partisipatif. Jika menemukan pelanggaran, agar dilaporkan kepada Bawaslu. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pilkada Tulangbawang, Edison Jelaskan Alasan ...

MOMENTUM, Menggala--Partai Golkar Kabupaten Tulangbawang akan ber ...


Dihadiri Mr.Jono Joni, Besok Relawan Mirzania ...

MOMENTUM, Bandarlampung --  Relawan pendukung Calon Gubernur ...


Bawaslu Tingkatkan Pengawasan Penyusunan Daft ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) ...


Eva vs Reihana Bertarung Sengit di Bandarlamp ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pengamat politik dari FISIP Universitas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com