Kedatangan Tiga Poros Capres, Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Lampung

Tanggal 30 Jan 2024 - Laporan Ikhsan Ferdiyanto - 218 Views
Komisioner KPU Lampung, Antoniyus Cahyalana.

MOMENTUM, Bandarlampung--Masa kampanye pemilihan umum (Pemilu) 2024 menjadi ajang perlombaan bagi para kontestan baik eksekutif maupun legislatif.

Kontenstas ini tengah mengadu strategi dan gagasan yang mereka miliki untuk meraih suara rakyat.

Seperti halnya ketiga poros calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres), baik sang kontestan maupun tim pemenangannya rajin mengadakan kampanye di setiap daerah.

Provinsi Lampung, yang notabene daerah dengan suara terbesar ke delapan se-Indonesia dan terbesar ke dua di pulau Sumatera membuat tiga poros capres mondar-mandir untuk memastikan kemenangan suara di Lampung.

Tentunya ada hal positif dari kehadiran calon orang nomor satu di Indonesia, menyangkut partisipasi masyarakat (pemilih) dalam pemilu 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung Antoniyus Cahyalana mengatakan, kehadiran para capres dan cawapres dapat meningkatkan partisipasi pemilih di Lampung.

"Ya, tentu kampanye yang dilakukan capres maupun cawapres dapat mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat. Artinya ada peningkatan partisipasi," kata Antoniyus, Selasa 30 Januari 2024.

Alasannya, kata dia, dengan kehadiran para kandidat masyarakat Lampung dapat berjumpa secara langsung bahkan melakukan kontrak politik lebih-lebih sosialisasi secara langsung.

"Lampung ini menjadi daerah yang masuk dalam sepuluh besar wilayah dengan jumlah pemilih terbesar. Jadi wajar saja seluruh Capres itu datang ke Lampung menarik simpati," terangnya.

"Nah kalau sudah yakin dengan pilihannya karena juga sudah berjumpa langsung, kemungkinan besar masyarakt akan datang ke TPS (tempat pemungutan suara). Di situlah ada peningkatan partisipasi masyarakat," imbuhnya.

Dia juga menyebutkan, KPU Lampung pun terus malakukan sosialisasi baik secara langsung maupun melalui laman website guna mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

Berdasarkan data yang dihimpun, Capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan pada masa kampanye ini telah mengunjungi Lampung sebanyak dua kali. Kemudian wakilnya Muhaimin Iskandar juga telah mengunjungi beberapa daerah di Lampung sebanyak satu kali.

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto juga telah mengadakan konsolidasi pada masa kampanye di Lampung sebanyak satu kali. Sedangkan wakilnya Gibran Rakabuming Raka terlebih dulu melakukan konsolidasi partai sebelum masa kampanye.

Sementara, Ganjar Pranowo capres nomor urut 3 telah mengunjungi Lampung sebelum masa kampanye sebanyak satu kali dengan agenda safari politik. Setelah masuk kampanye, Ganjar mengunjungi Lampung sebanyak satu kali.

Wakil dari Ganjar, Mahfud MD telah mengunjungi Lampung sebanyak satu kali pada masa kampanye. Namun, Mahfud direncankan kembali kampanye di Lampung pada Rabu (31-).

Selain kontestan, beberapa tim pemenangan pusat, ketua umum partai maupun istri atau kerabat dari masing-masing capres juga turut berkampanye di Lampung. (**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Besok, Arinal Daftar Penjaringan Cagub di PAN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Petahana Gubernur Lampung Arinal Djunaid ...


Maung dan Raung, KPU Lampung Kenalkan Maskot ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


KPU Lampung Resmi Luncurkan Pilkada 2024, Mas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


Peluang Hanan-Umar di Pilgub 2024, Umar Ahmad ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Umar Ahmad, politisi yang juga ketua Bap ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com