Pemkot Metro Serius Cegah Perundungan di Sekolah

Tanggal 31 Jan 2024 - Laporan Rio - 1429 Views
Walikota Metro Wahdi Sirajuddin

MOMENTUM, Metro--Aksi bullying atau perundungan, terlebih terhadap anak bisa berdampak negatif terhadap pekembangan mental.

Anak yang menjadi korban perundungan  bisa mengalami gangguan mental, seperti  kecemasan, depresi dan cenderung berkepribadian antisosial. Akibatnya, anak bisa putus sekolah.

Terkait hal tersebut, Walikota Metro Wahdi Sirajuddin meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat mengantisipasi aksi  perundungan  di sekolah. 

Wahdi meminta, Disdikbud menginstruksikan pihak sekolah memembentuk satuan tugas (Satgas) monitoring antisipasi perundungan. 

Selain itu, sosialisasi bahaya bullying atua perundungan kepada para pelajar harus terus dilakukan.

"Harus ada upaya penguatan pada kualitas personal tenaga pendidik. Kita tidak mungkin menanamkan suri tauladan yang baik, kalau tidak dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu,” kata Wahdi saat kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru SD dan Kepala Sekolah tentang Kesehatan. Acara  berlangsung di Hotel Grand Sekuntum Kota Metro, Rabu (31-1-2024).

Wahdi mengingatkan pihak sekolah tak abai dalam menunaikan hak siswa memperoleh kesempatan yang sama dalam kegiatan belajar mengajar.

Kepala Disdikbud Metro Suwandi meminta tenaga pendidik dapat mengindentifikasi metode pembelajaran yang ideal. Hal tersebut diperlukan

sebagai solusi menciptakan proses kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efesien. Sekaligus mengantisipasi potensi terjadinya aksi  kekerasan terhadap guru maupun siswa di lingkungan sekolah.

“Kami berupaya memberikan perlindungan terhadap guru. Profesi guru belakangan ini juga riskan, dalam menjalankan tugasnya. Di sisi lain,  ada Undang-undang Perlindungan Anak. Kita berupaya tidak ada perundungan terhadap anak, maka guru juga harus dilindungi dalam menjalankan tugas tugasnya,” paparnya. 

Peningkatan kompetensi guru diharapakan menjadi bekal penyelenggaraan sekolah ramah dan layak anak. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Cegah DBD, Polres Tubaba Fogging di Lingkunga ...

MOMENTUM, Panaragan--Polres Tulangbawang Barat (Tubaba) mengerahk ...


Tubaba Bimtek Smart Village ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat ...


Polres Pringsewu Bantu Cegah DBD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Upaya pencegahan dan penanggulanan penyakit ...


Warga Podomoro Berharap Revitalisasi Bendunga ...

MOMENTUM, Pringsewu--Para petani di Pekon Podomoro, Kecamatan Pri ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com