Wabup Tanggamus Buka Rakor Pengawas Sekolah

Tanggal 05 Des 2017 - Laporan - 1170 Views
Wabup Tanggamus Samsul Hadi sampaikan sambutan pada Rakor Pengawas Sekolah. Foto Enday

Harianmomentum.com-- Wakil Bupati (Wabup) Tanggamus Hi. Samsul Hadi, membuka Rapat Koordinasi Pengawas Sekolah Jenjang TK, SD, SMP dan Pelepasan Purna Bakti Pengawas Tahun 2017. Kegiatan berlangsung di Aula Hotel VIP Gisting, Kecamatan Gisting, Selasa (5/12).

Wabub menyampaikan, pengawas sekolah yang berjumlah 65 diseluruh Kabupaten Tanggamus, harus melaksanakan tugas sesuai dengan tugasnya, membina, membimbing, melatih, kemudian menilai guru dan kepala sekolah.

"Pengawas ini diatas kepala sekolah, jadi harus mengawasi keseluruhan yang ada di sekolah," kata Samsul.

Dia melanjutkan, selain dari tugas diatas pengawas harus memantau juga 8 Standar Nasional Pendidikan, yaitu Standar isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Kelulusan, lalu Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Kemudian Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pembiayaan dan yang terakhir Standar Pengelolaan.

"Dari delapan standar diatas pengawas berkewajiban memantau, membina, membimbing guru dan kepala sekolah, sehingga acuan pendidikan mencapai bahkan melampaui standar yang ditetapkan," jelasnya.

Lanjut Wabup, sekolah yang mendapat akreditasi A dapat dianggap mencapai 8 standar yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan.

"Sekolah yang ada di tanggamus ini, baru mempunyai lima Sekolah Dasar (SD) yang berakreditasi A dari 406 sekolah dan tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) berakreditasi A dari 78 SMP," ungkapnya.

Untuk indeks prestasi kabupaten tanggamus beberapa tahun ini menempati peringkat ke 14 di tingkat Provinsi Lampung, tetapi Alhamdulillah pada tahun 2017 meningkat menjadi peringkat ke 11.

"Ayo kita sama-sama memperbaiki mutu pendidikan dengan cara menyadarkan guru, supaya memberikan pendidikan dengan baik kepada siswa dan bisa bersaing dengan sekolah lain dengan prestasi yang gemilang," ajaknya.

Kemudian untuk keenam pengawas yang memasuki masa purna bakti diantaranya: Basyaruddin Basha, S.Pd, Taufik, A.Ma.Pd, Partijo, S.Ag, lalu Sumarjono, S.Pd, Dra. Fauziah dan Amrawi, SIP.

"Saya ucapkan terimakasih sudah mengabdi lebih dari 30 tahun,"  ujarnya.

Kegiatan diikuti oleh 65 pengawas dari Taman Kanak (TK) ada 7 orang, Sekolah Dasar (SD) 40 orang, Pendidikan Agama Islam (PAI) 5 orang dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) 14 orang. (day/zal)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com