Prioritas Daerah Terluar, KPU Target Distribusi Rampung Sehari Jelang Pencoblosan

Tanggal 10 Feb 2024 - Laporan Galih/Asdijal - 212 Views
Antonius, Komisioner KPU Provinsi Lampung Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM

MOMENTUM, Tanggamus--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus hariini salurkan logistik pemilu 2024 ke empat Kecamatan. 

Antonius, Komisioner KPU Provinsi Lampung Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM mengatakan, pihaknya menargetkan H-1 pemilu logistik selesai tersalurkan. Untuk saat ini, KPU Tanggamus memprioritaskan daerah yang sulit untuk dijangkau dalam penyaluran logistik pemilu tersebut. 

"Tapi untuk saat ini kami prioritas untuk logistik yang berada di daerah terluar, terisolir, dan terdalam," kata Antonius, Sabtu (10/2/2024). 

Ia menegaskan, terdapat empat kecamatan yang masuk ke dalam wilayah yang terluar, terisolir, dan terdalam. Ke Empat kecamatan itu antara lain, Kecamatan Kelumbayan, Kelumbayan Barat, Cukuh Balak, dan Pematangsawa Kabupaten Tanggamus. 

Dia melanjutkan, khusus di Kecamatan Pematangsawa dan kecamatan Cukuh Balak, penyaluran logistik ada yang menggunakan jalur laut. Nantinya, KPU Tanggamus akan menyewa kapal nelayan untuk menyalurkan logistik pemilu 2024 melalui jalur laut. 

"Kalau untuk yang menyebrangi laut ini kita sudah pastikan logistik aman karena sudah kita lapisi dengan plastik," jelasnya. 

Masih kata Antonius, pihaknya sudah memastikan kapal nelayan yang digunakan untuk menyalurkan logistik pemilu ini dalam keadaan yang layak pakai. Tak hanya itu, dalam pendistribusian logistik melalui jalur laut, pihaknya juga mempertimbangkan kondisi laut yang ada di Kabupaten Tanggamus, sehingga, penyaluran logistik KPU Tanggamus ke TPS bisa berjalan dengan lancar.

"Kalau memang nanti kendala di ombak besar mungkin kita lihat lagi waktu yang pas untuk mengantar logistik itu," ujarnya. 

Dia menjelaskan, masih terdapat beberapa kendala kecil dalam menyalurkan logistik melalui darat. Beberapa kendala itu terjadi jika terjadi hujan di beberapa titik di Kabupaten Tanggamus. 

"Kalau untuk di darat mungkin kendalanya ada di jalan, tapi relatif untuk di Kabupaten Tanggamus bisa untuk dilalui cuma beberapa titik aja," kata dia. 

Antonius mengungkapkan, pihaknya akan terus melakukan penyaluran logistik ke kecamatan lainnya. Rencananya, untuk penyaluran logistik ke kecamatan lain akan dilakukan pada, Minggu (11/2/2024). 

Sementara itu, Angga Lazuardi selaku Ketua KPU Tanggamus mengatakan, seharusnya penyaluran logistik ini dilakukan pada 8 Februari 2024 lalu. Namun, hal itu urung dilakukan lantaran pihaknya mengikuti instruksi dari pihak KPU Provinsi Lampung. 

"Sebenarnya memang mau tanggal 8 kemarin tapi kita ikuti perintah dari KPU Provinsi untuk menyalurkan logistik serentak pada hari ini," kata Angga. 

Hal itu karena, kemungkinan terdapat beberapa kabupaten atau kota yang belum menyelesaikan packing logistik. Kami berharap, agar masyarakat di Kabupaten Tanggamus bisa menggunakan hak pilihnya di pemilu 2024.

Dia mengingatkan, agar masyarakat membawa KTP saat melakukan pemilihan di TPS yang telah ditentukan. (**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


KPU Tetapkan 85 Caleg Terpilih DPRD Provinsi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


Maju Lagi, Wahdi Ambil Formulir di Partai Nas ...

MOMENTUM, Metro--Petahana Walikota Metro, Wahdi Sirajuddin mengam ...


Demokrat Pringsewu Buka Penjaringan Cabup-Caw ...

MOMENTUM, Pringsewu -- DPC Partai Demokrat Kabupaten Pringsewu me ...


Demokrat Wajibkan Calon Kepala Daerah Gunakan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Demokrat mewajibkan para calon ke ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com