Bawaslu Belum Temukan Pelanggaran di Masa Tenang

Tanggal 12 Feb 2024 - Laporan Ikhsan Ferdiyanto - 201 Views
Bawaslu Lampung saat mengunjungi Lapas Rajabasa. Foto: Ikhsan

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bandarlampung menyebut belum ada temuan pelanggaran di masa tenang Pemilu 2024.

Untuk menjaga kelancaran Pemilu, Bawaslu Bandarlampung melibatkan jajaran pengawas hingga tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam melakukan pengawasan.

Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Bandarlampung Muhammad Muhyi mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih berfokus melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) peserta pemilu yang masih terpasang.

"Sejauh ini belum ada pelanggaran atau money politics, paling yang masih ada itu seperti APK peserta pemilu," ungkap Muhyi, Senin (12-2-2024). 

"Untuk APK itu sampai hari ini masih kita lakukan penertiban, bahkan sampai besok juga kita masih lakukan," imbuhnya.

Seperti diketahui, masa tenang merupakan waktu yang rawan terjadi kecurangan politik uang atau yang sering disebut serangan fajar.

Mengantisipasi itu, Muhyi mengatakan pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk meminimalisir pelanggaran pemilu di masa tenang ini.

"Sebelum masa tenang kami sudah koordinasi dengan Partai Politik melalui rapat koordinasi," kata dia.

"Kami juga mengimbau agar peserta pemilu agar tidak melakukan kampanye di masa tenang, apalagi sampai melakukan money politik," tambahnya.

Selain itu, Muhyi juga mengatakan bahwa pihaknya turut melibatkan tokoh masyarakat hingga tokoh agama dalam melakukan pengawasan dan menjaga kondusifitas pemilu.

Bahkan, kata Muhyi, pihaknya telah mengimbau pengawas TPS agar mengumumkan kepada masyarakat melalui rumah ibadah untuk bersama mengawasi pemilu.

"Kami juga melibatkan tokoh masyarakat dalam melakukan pengawasan, dan ini sudah kami imbau kepada Pengawas TPS agar sama-sama mengamankan jalannya pemilu ini," terang dia.

"Bahkan PTPS juga kami peringatkan agar mengumumkan di mushola atau masjid agar bisa bersama-sama masyarakat melakukan pengawasan di setiap TPS," jelasnya.

Lebih lanjut, Muhyi menyebutkan bahwa pihaknya juga bekerjasama dengan organisasi lintas agama dalam mengawasi dan menjaga ketertiban dan kerukunan jelang pemungutan suara.

"Hari ini, ketua Bawaslu dan Komisioner yang lain juga melakukan audiensi dengan FKUB, pengurus NU dan Muhammadiyah Lampung membahas bagaimana agar Pemilu ini berjalan lancar," pungkasnya. (**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Setelah di PDIP dan PAN, Musa Ahmad Ambil For ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad akan k ...


KPU Tetapkan 85 Caleg Terpilih DPRD Provinsi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


Maju Lagi, Wahdi Ambil Formulir di Partai Nas ...

MOMENTUM, Metro--Petahana Walikota Metro, Wahdi Sirajuddin mengam ...


Demokrat Pringsewu Buka Penjaringan Cabup-Caw ...

MOMENTUM, Pringsewu -- DPC Partai Demokrat Kabupaten Pringsewu me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com