Waspada, Hujan Lebat Diperkirakan kembali Turun

Tanggal 25 Feb 2024 - Laporan Ikhsan Ferdiyanto. - 323 Views
Banjir di Langkapura, Bandarlampung pada Sabtu, 24 Februari 2024. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Masyarakat diminta waspada, terutama di wilayah yang berpotensi banjir. Hujan dengan itensitas tinggi diperkirakan masih akan terjadi di Bandarlampung.

"Diperkirakan hujan terjadi kembali sore hingga malam," kata Koordinator Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung, Rudi Harianto, Minggu (25-2-2024).

Rudi menyampaikan wilayah yang diperkirakan akan hujan baik siang, sore, malam hingga dini hari.

Menurutnya, siang hingga sore hari diprakirakan hujan terjadi di wilayah Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Barat, Pringsewu, Pesawaran, Bandarlampung, Lampung Selatan, Mesuji, Tulangbawang, Lampung Timur, Lampung Tengah, dan Lampung Utara.

"Kemudian malam hari prakiraan hujan juga terjadi di Tanggamus, Lampung Barat, Pesisir Barat, Lampung Utara, Waykanan, Tulangbawang Barat, Tulangbawang, Mesuji, Metro, Lampung Selatan, Bandarlampung dan Lampung Tengah," terangnya.

Lalu, dini hari diperkirakan hujan terjadi di wilayah Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur, Waykanan, dan Lampung Utara.

"Semuanya terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Terutama di wilayah Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Barat, Pringsewu, Pesawaran, dan Lampung Tengah pada siang dan sore hari. Di wilayah Waykanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Tulangbawang Barat, Mesuji, Tulangbawang, dan Lampung Timur pada malam hari, imbaunya.

Rudi juga menekan, agar kiranya masyarakat memantau prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG.

"Informasi ini dapat membantu dalam persiapan dan pengambilan langkah-langkah keselamatan yang diperlukan. Hindari daerah yang rawan banjir, tepi sungai atau daerah dengan kemiringan tinggi," kata dia.

"Dan perlu diingat juga untuk menyimpan dokumen penting dan barang berharga di tempat yang aman. Terutama yang tinggal di daerah berpotensi banjir," tutupnya.

Sebelumnya, beberapa wilayah di Lampung dilanda banjir akibat hujan deras pada Sabtu (24-2-2024) sore hingga malam hari.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Lampung, tiga daerah itu: Bandarlampung, Lampung Selatan dan Pesawaran. 

Lokasi banjir terbanyak ada di Bandarlampung yang mencapai 14 lokasi. Rinciannya: Jalan Raden Gunawan, Rajabasapermai, Perumahan Bukit Kemiling Permai, Jalan Pramuka, Kelurahan Nunyai, Kelurahan Waylunik, Jalan Mata Intan.

Kemudian, Jalan Sinarbanten, Labuhanratu, Jalan Pagar Alam, Jalan Hanada Jagabaya I, Jalan Kayu Manis, Jalan Teratai Kedaton, SDN I Jagabaya 3 dan Terminal Rajabasa.

Banjir itu terjadi dikarenakan intensitas hujan yang terjadi sejak pukul 15.00 WIB cukup tinggi. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com