Kecamatan Pringsewu Raih Predikat Stand Terbaik Pertama Pringsewu Craft 3

Tanggal 26 Feb 2024 - Laporan Joko Sulistyo. - 216 Views
Kecamatan Pringsewu meraih predikat sebagai Stan terbaik pertama Pringsewu Craft #3. Disusul Kecamatan Sukoharjo terbaik kedua serta Kecamatan Adiluwih terbaik ketiga. Foto. Ist.

MOMENTUM, Pringsewu -- Kecamatan Pringsewu meraih predikat stan terbaik pertama dalam Pringsewu Craft 3. Disusul Kecamatan Sukoharjo dan Kecamatan Adiluwih sebagai terbaik kedua dan ketiga.

Penghargaan dan hadiah bagi peserta stand terbaik tersebut, itu diserahkan pada penutupan Pringsewu Craft 3 berlangsung di pelataran Kantor Dekranasda Pringsewu, di Rest Area Pekon Wates, Kecamatan Gadingrejo, Ahad 25 Februari 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan, UMKM merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia. Sehingga upaya untuk memajukan UMKM dan ekonomi kreatif patut didukung dengan sebaik-baiknya.

"Cukup banyak UMKM yang tumbuh di Kabupaten Pringsewu, dan terbukti memberikan dampak positif bagi ketahanan ekonomi daerah dan ekonomi masyarakat," katanya. 

Menurutnya, Pringsewu Craft yang digagas sejak 2021, merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah dalam memajukan UMKM.

"Alhamdulillah, jumlah peserta mencapai 100 stand UMKM serta pengunjung selalu ramai pada  rangkaian Pringsewu Craft 3 hingga berjalan sukses," ujarnya. 

Adi Erlansyah menambahkan, UMKM memiliki peran strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan ketersediaan lapangan pekerjaan. 

Dia berharap, dalam naungan Dekranasda, kain tapis yang merupakan andalan stand Kecamatan Pringsewu akan terus lestari sebagai warisan budaya dan kearifan lokal Provinsi Lampung.

Salah satunya, dengan melakukan pengembangan inovasi, diversifikasi dan kreatifitas  produk tapis Lampung, untuk bertransformasi dari produk budaya menjadi produk ekonomi serta meningkatkan daya saing produk kerajinan agar dapat menembus pasar global.

"Pemkab Pringsewu akan selalu mendukung berbagai upaya, inovasi serta gagasan dari seluruh unsur masyarakat dan stakeholder terkait, guna kemajuan Kabupaten Pringsewu,"imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu Rusdiana Adi Erlansyah menjelaskan tujuan Pringsewu Craft untuk mempersatukan semua unsur yang sudah berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Pringsewu Craft sebelumnya.

Selain itu, juga untuk meyakinkan, Pringsewu Craft merupakan program yang harus dilanjutkan. Selaiin menampilkan konten yang dapat menggerakkan semua unsur, sehingga terbentuk ekosistem kuat dalam rangka peningkatan kualitas produk wastra dan kriya yang dapat berdaya saing

"Baik itu di dalam maupun di luar daerah, guna peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Pringsewu," harap Nana Adi Erlansyah.(**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Sensasi Lebaran di Lembah Hijau Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur lebaran Idulfitri 1445 Hijriyah ta ...


Potongan Angsuran hingga Special Prize Sepeda ...

MOMENTUM, Palembang--FIFGROUP dalam acara Festival Foodies Palemb ...


Hingga H-2, Pemudik dari Jawa ke Sumatera Mel ...

MOMENTUM, Merak -- Jumlah pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera mel ...


Ratusan Karyawan PT SSH Unjuk Rasa Tuntut THR ...

MOMENTUM, Katibung -- Sekitar seratus karyawan PT Sari Segar Husa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com